Momen Ustadz Yusuf Mansur Setoran Quran kepada KH.R.M. Najib Abdul Qodir Al Munawwir Krapyak

 
Momen Ustadz Yusuf Mansur Setoran Quran kepada KH.R.M. Najib Abdul Qodir Al Munawwir Krapyak

LADUNI.ID, Jakarta - Dalam sebuah video yang diunggah oleh akun Youtube Mulang Ngaji Nusantara, terlihat Ustadz Yusuf Mansur setoran ayat Al-Qur’an kepada KH.R. Muhammad Najib Qodir Al-Munawwir Krapyak, Yogyakarta.

Video tersebut menampilkan KH Yusuf Mansur yang tak lain merupakan pendiri Pondok Pesantren Darul Qur’an mendatangi dhalem (kediaman) KH M Najib Qadir bersama kedua putranya, ditemani Ustadz Nur Hayid. Video tersebut diunggah pada tanggal 16 September 2020 lalu.

Dengan penuh hormat, Romo Kiai Najib menyambut kedatangan Ustadz Yusuf Mansur beserta kedua putranya dan Ustadz Nur Hayid. Pertemuan ini dibalut dengan penuh kehangatan.

Baca juga: Yusuf Mansur: NU Berpotensi Melahirkan Ekonomi yang Kuat

Sementara Ustadz Yusuf Mansur bernostalgia semasa masih menempuh ilmu di Krapyak. Beliau mengibaratkan semasa mondok di Krapyak seperti teh yang dicelupkan ke dalam air.

Usai bercengkerama Ustadz Yusuf Mnasur kemudian mengutarakna keingainnanya untuk emnetorkan hafalah al-Qur’an kepada Romo Kiai Najib. “Kiai ijin saya mau baca Qur’an di depan kiai,” kata Ustadz Yusuf Mansur.

Dengan sangat takdzim, Ustadz Yusuf Mansur bersimpuh di hadapan Romo Kiai Najib kemudian melantunkan Surat al Fath dengan penuh khidmah. Selang beberapa ayat dibacakan oleh Ustadz Yusuf Mansur, tidak terasa Ustadz Yusuf Mansur membaca tartil dan sangat menghayati, sampai-sampai beliau menangis sesenggukan.

Baca juga: KH Abdul Qodir Munawwir Krapyak dan 17 Fakta Keistimewaannya

Melihat suasana itu, Ustadz Nur Hayid terlihat sangat terharu dan menangis. Saking harunya, Ustadz Nur Hayid sampai tidak sadar bahwa songkoknya tidak lagi tegap.

Sekitar 15 menit Ustadz Yusuf Mansur membacakan ayat suci Al-Qur’an, Romo Kiai Najib terlihat senang dan bangga dengan pembacaan Ustadz Yusuf Mansur tersebut.

Petemuan pun diakhiri dengan makan bersama.

“Sungguh kita belajar adab dari para Kiai. Kiai tetap mengaji kepada Kyai lainnya. Semoga kita meraih berkah dari Ahlul Qur'an,” tulis akun Youtube Mulang Ngaji Nusantara.

Baca juga: Biografi KH. Abdul Qadir Munawwir

إِنَّ اللَّهَ يَرْفَعُ بِهَذَا الْكِتَابِ أَقْوَامًا وَيَضَعُ بِهِ آخَرِينَ (رواه مسلم)

“Sesungguhnya Allah mengangkat derajat seseorang dengan kitab ini (Al Qur’an) dan merendahkan yang lain dengan kitab ini.” (HR. Muslim).


SumberOfficial Mulang Ngaji Nusantara dan Santri Ngapak