Menyikapi Keinginan Suami yang Ingin Punya Banyak Anak Menurut Prof. Habib Quraish Shihab

 
Menyikapi Keinginan Suami yang Ingin Punya Banyak Anak Menurut Prof. Habib Quraish Shihab

LADUNI.ID, Jakarta – Tulisan ini merupakan tanya jawab dari 101 persoalan perempuan yang tulis oleh Prof. Habib Quraish Shihab. Di dalam tulisan ini akan menjelaskan tentang menyikapi keinginan suami yang ingin punya banyak anak dalam pandangan Prof. Habib Quraish Shihab.

***

Suami ingin memiliki banyak anak, tapi sesungguhnya baik secara fisik maupun mental saya tidak siap karena keterbatasan ekonomi dan juga tenaga. Saya merasa tertekan sekali dengan keinginan suami ini. Sekarang anak ada 3 dan semua masih balita. Bolehkah saya ikut KB tanpa memberitahu suami saya, Pak?

Liliana, Ibu Rumah Tangga, Jakarta

Kehidupan rumah tangga harus dibina berdasarkan kesepakatan suami dan istri, karena itu Allah memerintahkan suami istri melakukan musyawarah, termasuk menyangkut masa penyusuan anak-anaknya.

QS. al-Baqarah 2:233 antara lain menyatakan “Apabila keduanya ingin menyapih (sebelum dua tahun) dengan kerelaan keduanya dan permusyaratan, maka tidak ada dosa atas keduanya”.

Demikian juga menyangkut perencanaan kelahiran anak-anak melalui KB. Karena itu, pada prinsipnya istri hendaknya memperoleh izin suami bila bermaksud ikut KB.

Dewasa ini manfaat KB, demikian juga padangan agama terntang ber-KB sudah sedemikian jelas dan mendukung sehingga hanya suami yang belum tahu yang berkeras memaksa istrinya melahirkan setelah mereka memperoleh tiga orang anak. Demikian, wa Allah A’lam.

Sumber: M. Quraish Shihab. M. Quraish Shihab​ Menjawab 101 Soal Perempuan Yang Patut Anda Ketahui. Ciputat Tanggerang: Lentera Hati, 2011.