Biografi Mas Sugeng Yudhadiwirya

 
Biografi Mas Sugeng Yudhadiwirya

Daftar Isi Profil Mas Sugeng Yudhadiwirya

  1. Kelahiran
  2. Wafat
  3. Peranan di Nahdlatul Ulama (NU)

Kelahiran

Mas Sugeng Yudhadhiwirya dilahirkan di Surabaya, Jawa Timur.

Wafat

Mas Sugeng Yudhadhiwirya wafat pada pada Kamis malam 10 Jumadil Akhir 1355.  Saat beliau wafat dalam catatan obituari, menghimbauan kepada warga NU untuk mengirim doa dan Shalat Ghaib untuknya.

Peranan di Nahdlatul Ulama (NU)

Sebagai organisasi yang didirikan kiai, NU tentu sarat dengan para ahli agama mumpuni. Namun sepertinya tidak banyak yang mumpuni dalam bidang pengelolaan organisasi secara modern untuk ukuran waktu itu.    

Pilihan para kiai jatuh kepada Moechammad Sodiq atau Mas Sugeng Yudhadhiwirya untuk mengelola administrasi NU. Ia didaulat menjadi Sekretaris Hoofdbestuur Nahdlatoel Oelama mendampingi KH. Hasan Gipo. Untuk istilah sekarang, posisinya adalah Sekretaris Jenderal PBNU. 

Tak banyak catatan yang menjelaskan bagaimana peranan dia dalam mengelola NU periode awal tersebut. Namun, menurut redaksi Berita Nahdlatoel Oelama, ia adalah penyusun, pengatur dan pembangun NU.

Perannya yang berhasil ditemukan, bersama pengurus lain, di antaranya adalah mengantarkan NU menjadi organisasi sah secara hukum di mata pemerintahan Hindia Belanda pada 1930. Ia adalah salah seorang penanda tangan statuten atau AD/ART NU yang diserahkan kepada pemerintah Hindia Belanda.

 

Lokasi Terkait Beliau

    Belum ada lokasi untuk sekarang

List Lokasi Lainnya