Kisah Pertemuan KH Abdullah Faqih Langitan dengan Rasulullah SAW

 
Kisah Pertemuan KH Abdullah Faqih Langitan dengan Rasulullah SAW
Sumber Gambar: KH Abdullah Faqih dan Habib Mundzir Al-Musawa, Mbah Kyai Sholeh Qosim Ngelom di Mushollah Agung Pondok Pesanten Langitan, Tuban

Laduni.ID, Jakarta – Wirid Laqad Ja’akum memang memiliki banyak keutamaan jika diamalkan, salah satu diantara keutaman itu ialah diberi kemudahan hidup dunia dan akhirat. Wirid ini jugalah yang selalu diamalkan oleh Syaikhina KH Abdullah Faqih, Langitan.

Sebuah kisah datang dari Habib Munzir Al-Musawa yang saat itu berkesempatan menjenguk Syaikhina KH Abdullah Faqih. Habib Munzir diceritakan oleh Syaikhina KH Abdullah Faqih tentang mimpi beliau saat bertemu dengan Rasulullah SAW. Dalam mimpinya, beliau diperintah oleh Rasulullah SAW untuk memanjangkan jenggot.

Setelah menjenguk Syaikhina, Habib Munzir lantas menceritakan kisah tersebut kepada para santri. “Saya tadi membesuk ayahanda, guru besar kita. Hadrotussyeikh KH Abdulloh Faqih. Beliau bercerita diperintahkan untuk memanjangkan jenggot oleh Rasulullah SAW. ini menandakan betapa beliau sangat diperhatikan oleh Rasulullah, sampai-sampai janggut beliau diperhatikan. Dekat dengan Rasulullah sampai hal sekecil itu mendapat perhatian,” kata Habib Munzir.

Menurut berbagai riwayat, pertemuan antara Rasulullah SAW dengan Syaikhina KH Abdullah Faqih lantaran keistiqomahan beliau mengamalkan wirid Laqad Ja’akum selama 40 tahun. Keistiqamahan beliau dibuktikan ketika suatu hari ada udzur yang membuat beliau tidak bisa mengamalkannya, maka beliau akan mengqodhonya di waktu yang lain, itulah bentuk keistiqamahan Syaikhina KH Abdullah Faqih dalam mengamalkan wirid Laqad Ja’akum. Untuk tuntunan wirid klik di sini.

Begitu pula lah yang dialami oleh Imam Abu Bakar Syibli, seorang sufi yang sangat masyhur. Dalam suatu riwayat kitab Tarikh Madinah Dimasyq karangan Ibnu Asakir diterangkan bahwa, suatu ketika Imam Ibnu Mujahid pernah bermimpi dan dalam mimpinya ia melihat Imam Syibli dan beberapat temannya berada dalam sebuah majelis. Tak berapa lama, datanglah Rasulullah SAW ke majelis tersebut dan langsung mencium dahi Imam Syibli. Hal tersebut tentu saja membuat semua yang ada di majelis terperangah kaget, tak terkecuali Imam Ibnu Mujahid sendiri.

Merasa heran dengan kemuliaan Imam Syibli, Imam Ibnu Mujahid memberanikan diri bertanya kepada Rasulullah perihal tersebut. Ternyata rahasia di balik kemuliaan Imam Syibli ialah beliau selalu membaca ayat laqad ja’akum setelah menunaikan shalat selama delapan tahun.

Begitulah teladan guru-guru kita dalam mengamalkan suatu amalan. Selalu istiqomah dan konsisten. Semoga kita semua dapat meneladani apa yang telah mereka contohkan.


Editor: Daniel Simatupang