Pesantren Addin As-shiddieq Pacitan

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD1 MTS/SMP1
MA/SMA1 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium1
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Addin As-shiddieq Pacitan

PROFIL 

Pondok Pesantren Addin As Shiddiq merupakan satu diantara lembaga pendidikan berbasis pesantren yang berada di Desa Padi Kecamatan Tulakan Kabupaten Pacitan Jawa Timur. Lembaga ini mengelola beberapa kegiatan yang terbagi atas Bidang Pendidikan, Bidang Sosial Keagamaan, Bidang Ekonomi Kerakyatan, dan Bidang Layanan Jasa.

Di Bidang Pendidikan sementara ini PPAA mengelola 3 (tiga) lembaga pendidikan terdiri atas Madrasah Diniah (Madin) dalam ranah pondok pesantren, MTs Terpadu As Shiddieq, dan SMK Addin As Shiddieq. Di Bidang Sosial Keagamaan terdiri atas Dakwah dan Pengajian (Majlis Taklim) baik di lingkungan sekitar pondok maupun penerjunan santri kyai di luar pondok. Di bidang Usaha Ekonomi Kerakyatan pondok pesantren dan mengelola Koperasi Pesantren (Kopentren), Rumah Jahit, Peternakan dan Perikanan.

Di Bidang Layanan Jasa yakni; Jasa Kontruksi terdiri atas Persewaan Alat Berat dan Transportasi, Persewaan Terop dan Sound Sistem. Pondok Pesantren Addin As Shiddieq diasuh/dipimpin oleh KH. Muhammad Badrus Samsudin, S. Ag dan dibantu oleh ustadz dan ustadzah serta beberapa pegawai pondok pesantren.

SEJARAH

Kelahiran Pondok Pesantren Addin As-Shiddieq tidak terlepas dari dinamika perjuangan keagamaan di Desa Padi yang diperankan oleh KH. Samsudin bin H. Abdul Rahim. pada saat Beliau pulang dari pengembaraan ilmiahnya di Pondok Tremas. Beliau mulai belajar di Pondok Tremas tahun 1942 dibawah asuhan KH. Abdul Rozaq bin KH . Abdullah, saat Pondok Tremas mengalamai masa Fatrah karena peristiwa Affair Madiun. Setelah menyelesaikan studinya maka atas permintaan Guru Beliau KH. Habib Dimyathi beliau masih mengabdikan ilmunya dengan mengajar di pondok Tremas dalam fan Nahwu Shorof, Faraidl dan ilmu Falaq Rubu'.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.