Bulan Rajab Adalah Bulan Taubat, Berikut Ini Doanya

 
Bulan Rajab Adalah Bulan Taubat, Berikut Ini Doanya
Sumber Gambar: Foto ist

Laduni.ID, Jakarta – Bulan Rajab adalah bulan yang banyak peluang bagi kita untuk bertaubat kepada Allah SWT. Allahumma tub ‘alaina taubatan nashuha, allahumma tub ‘alaina taubatan tardhik”. Ya Allah kami bertaubat dengan sebenar-benar taubat, Ya Allah kami bertaubat sampai Engkau ridha, terima taubat kami.”

Taubat merupakan tugas setiap hamba Allah disepanjang waktu, seperti ketika memasuki bulan Rajab, Allah SWT berfirman: “Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.” (QS. An-Nur: 31)

Marilah kita senantiasa manfaatkan bulan Rajab ini dengan perbanyak amal kebaikan dan bertaubat kepada Allah SWT. Sebab tidak ada seorangpun yang tidak memiliki dosa dan kesalahan, baik disengaja maupun tidak. Alangkah baiknya di bulan yang penuh ampunan ini kita memohon ampunan Allah SWT.

Para sahabat bertanya kepada Aisyah RA, "Wahai ummul mukminin, apakah kamu pernah bertanya kepada Rasulullah SAW apa saja hal yang bisa meringankan azab kubur?" Beliau pun menjawab, "Saya sudah pernah bertanya kepada Rasulullah SAW, dan Beliau bersabda, "Ada 4 perkara yang bisa meringankan azab kubur, yaitu:

1. Membaca Al-Quran pada setiap kesempatan,
2. Memuliakan anak yatim pada setiap tempat,
3. Berpuasa pada setiap tanggal 13, 14, dan 15 dari bulan Rajab dan Sya'ban,
4. Mendirikan shalat pada sepertiga malam, sesungguhnya shalat ini akan memberikan cahaya di dalam kubur dan akan menjadi wasilah mendapatkan ridha Allah SWT."

Kemudian Rasulullah SAW bersabda, "Wahai 'Aisyah, sesungguhnya Allah SWT meluaskan ampunan-Nya pada bulan Rajab, Sya'ban dan Ramadhan, sampai-sampai setan yang dilaknat pun menyangka akan mendapatkan ampunan dari Allah SWT."

"Wahai Aisyah, bulan Rajab adalah bulannya untuk bertaubat. Barang siapa yang bertaubat pada bulan tersebut maka taubatnya akan diterima. Maka berdoalah seperti ini kepada Allah SWT "Tub 'alaina, innaka anta t-tawwaburrahiim: Ya Allah, ampuni kami, Engkau adalah Maha Pemberi ampun dan Maha Kasih Sayang."


Editor: Nasirudin Latif