KH. Husein Muhammad: Agama Itu untuk Apa?

 
KH. Husein Muhammad: Agama Itu untuk Apa?
Sumber Gambar: Dok. Laduni.ID (ist)

Laduni.ID, Jakarta – Mendengar hiruk-pikuk suara hujat menghujat dan caci mencaci di tengah-tengah masyarakat, sambil menggunakan dalil atau argumen keagamaan, seorang teman bertanya:

“Agama itu sebenarnya untuk apa sih kiai? Bagaimana seharusnya kita mengikuti Nabi?”

Aku menjawab sebisanya. Agama datang untuk membebaskan penderitaan manusia, menyerukan perdamaian, dan membawakan cahaya di tengah-tengah kegelapan dunia. Kegelapan itu adalah kezaliman, penindasan dan kebodohan. Cahaya itu ilmu pengetahuan, keadilan dan cinta.

Para utusan Tuhan hadir untuk menawarkan dan menjelaskan tujuan-tujuan itu melalui beragam cara. Meski untuk melaksanakan tugas itu mereka menghadapi perlawanan keras dari komunitas audiennya. Tetapi mereka tak surut dan terus melangkah dengan tenang. Dan mereka berhasil. Cahaya Ketuhanan berpendar di seluruh bumi manusia.

Bagaimana Nabi berhasil menyampaikan ajakannya dalam waktu yang amat singkat? Aku menyampaikan firman Allah:

فَبِمَا رَحْمَةٍ مِنَ اللَّهِ لِنْتَ لَهُمْ وَلَوْ كُنْتَ فَظًّا غَلِيظَ الْقَلْبِ لَانْفَضُّوا مِنْ حَوْلِكَ فَاعْفُ عَنْهُمْ وَاسْتَغْفِرْ لَهُمْ وَشَاوِرْهُمْ فِي الْأَمْرِ فَإِذَا عَزَمْتَ فَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُتَوَكِّلِينَ

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN