Perlu Diketahui Inilah Manfaat Berbakti Pada Orang Tua

 
Perlu Diketahui Inilah Manfaat Berbakti Pada Orang Tua
Sumber Gambar: ibu png dari id.pngtree.com

Laduni.ID, Jakarta – Sudah semestinya sebagai seorang anak harus berbakti kepada kedua orang tua. Sebab banyak sekali keutamaan berbakti kepada kedua orang tua salah satunya adalah “amal yang paling utama.”

“Aku pernah bertanya kepada Rasulullah shallallahu alaihi wasallam, “Amalan apa yang paling dicintai Allah?” Beliau menjawab, “Shalat pada waktunya.” Aku melanjutkan, “Kemudian apa?” Beliau menjawab, “Berbakti kepada kedua orang tua.” Lalu aku bertanya lagi, “Kemudian apa?” Beliau menjawab, “Berjihad di jalan Allah.” (HR. Al Bukhari dan Muslim).

Selain itu terdapat banyak hal yang akan didapatkan oleh seorang anak ketika berbakti kepada kedua orangtuanya terkait dengan kebahagian dunia maupun akhirat, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Dengan berbakti kepada kedua orangtua maka akan sempurna keimanan seseorang dan keIslamannya.

2. Dengan berbakti kepada kedua orangtua berarti kita telah melaksanakan sebaik-baik amal kebaikan.

3. Dengan berbakti kepada kedua orangtua berarti kita telah menggapai suatu jalan menuju surga.

4. Dengan berbakti kepada kedua orangtua berarti kita dipastikan mendapatkan keberkahan dalam harta dan keturunan.

5. Dengan berbakti kepada kedua orangtua maka pasti kita akan disebut dengan baik, baik di dunia maupun di akhirat.

6. Dengan berbakti kepada kedua orangtua maka kita akan mendapatkan anak-anak juga keturunan akan berbakti kepada kita.

7. Dengan berbakti kepada kedua orangtua akan menjauhkan kita dari segala macam bala’, melepaskan kita dari segala macam kesulitan dan akan melapangkan dada.

8. Dengan berbakti kepada kedua orangtua maka berarti kita telah mendapatkan ridhonya, dan kalau kita sudah mendapatkan ridhonya, pasti kita akan mendapatkan kebahagiaan karena semua kebahagiaan datangnya dari Allah SWT. Sedangkan Allah ridho dengan keridhoan orang tua.

Itulah manfaat ketika kita berbakti dengan kedua orang tua kita, maka jangan sia-siakan bagi orang tuanya yang masih hidup jangan sampai membuatnya menangis karena tingkah laku kita. Dan bagi orangtuanya yang sudah meninggal jangan lupa doakan setiap sehabis shalat. Semoga bermanfaat. Wallahu A’lam Bisshowab.


Editor: Nasirudin Latif