Pesantren Tanfirul Ghoyyi Kab. Lamongan

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
Klaim Pengelola Pesantren Kirim Pesan ke Pengelola Pesantren Daftar Sebagai Alumni
 
Pesantren Tanfirul Ghoyyi Kab. Lamongan

Profil

Pondok Pesantren Tanfirul Ghoyyi awal mulanya hanyalah sebuah majlis ta’lim/kelompok kajian yang masih belum memiliki nama yang pelajarannya lebih ditekankan pada kajian baca Al-Qur’an dengan visi “Memberantas Buta Huruf Al-Qur’an Dan Meluruskan Bacaan Sesuai Dengan Ilmu Tajwid Yang Benar”.

Majlis Ta’lim ini dirintis oleh seorang Tokoh Ulama’ Legendaris Lamongan yakni Alm. Almaghfurlah K.H. Mastur Asnawi (wafat tahun 1982 dan dimakamkan di dalam komplek Masjid Agung Lamongan, sebab beliau juga merupakan Nadhir sekaligus Pendiri Masjid Agung Lamongan). Majlis Ta’lim ini bertempat di dalam sebuah Musholla Panggung sebagai tempat utama kajian; berlokasi di Jl. Kyai Amin, Lamongan. Dan sampai sekarang kondisi Musholla tersebut masih ada hingga sekarang.

Anak-cucu Alm. Almaghfurlah K.H. Mastur Asnawi sangat banyak, di antaranya, Muhaiminah Arifin, cucu beliau. Muhaiminah Arifin yang berkelahiran di Lamongan (yang pernah berguru ke Ponpes. Langitan, Widang-Tuban asuhan K.H Abdul Hadi Zahid (alm), dan pernah ke Ponpes. Al – Hidayat, Lasem – Rembang – Jateng asuhan K.H Mashum Ahmad (alm).

Seusai mengenyam pendidikan, Muhaiminah Arifin menikah dengan Su’udy Karim, yang berkelahiran di Kepanjen – Malang – Jawa Timur. Su’udy Karim beberapa kali mengenyam pendidikan pesantren, diantaranya ke Ponpes. Darul – Ulum, Rejoso-Peterongan-Jombang saat diasuh oleh K.H Musta’in Romli Tamim (alm). Juga pernah berguru ke Ponpes. Al-Hidayat, Lasem-Rembang-Jateng asuhan K.H Mashum Ahmad (alm).

Usai Muhaiminah Arifin sudah menikah dan menetap di rumah, maka Alm. Almaghfurlah K.H. Mastur Asnawi mengutusnya untuk membantu perjuangan da’wah pendidikannya. Bertempat di Jl. Kyai Amin, Kenduruan-Lamongan. Kyai Su’udy Karim disertai istrinya, Nyai Muhaiminah Arifin, menjadikan majlis ta’lim tersebut semakin berkembang. Mulai frase anak-anak hingga remaja, Kyai Su’udy sekalian mengasuh para santri tidak hanya mengajarkan al-Qur’an saja, melainkan juga ilmu-ilmu ke-Islaman lainnya.

Beberapa waktu kemudian, Kyai Su’udy sekeluarga hijrah ke Jl. Sunan Kalijogo, Ngaglik-Lamongan. Dengan ikut mema’murkan sebuah Musholla di Jl. Sunan Kalijogo, Ngaglik-Lamongan (musholla tersebut hingga sekarang masih ada), Kyai Su’udy sekalian membentuk kembali majlis ta’lim sebagaimana yang ada di Kenduruan.

Di Ngaglik tersebut, majlis ta’lim tersebut dikembangkan menjadi sebuah pondok pesantren dengan nama Pondok Pesantren “Tanfirul Ghoyyi”. Sedangkan majlis ta’lim yang ada di Kenduruan, diteruskan oleh saudara-saudara Nyai Muhaiminah Arifin. Usai beberapa waktu bertempat di Ngaglik tersebut, akhirnya Kyai Su’udy sekeluarga hijrah lagi ke Jl. Sunan Giri Gang Jambu, Groyok-Lamongan.

Saat, di Groyok-Lamongan, majlis ta’lim beserta kediaman, menempati sebuah tanah-rumah dengan status WAQOF dari BPK. H. ZUHRI / lebih dikenal dengan nama H. DJURI (aghniya’ dermawan di Lamongan saat itu). Kyai Su’udy baru yang sudah berjalan dibentuk dan diasuh oleh kyai Dengan disertai istrinya,

Didirikan tepat tanggal 2 Dzulqo’dah 1399 H/23September 1979 M, Pondok Pesantren “Tanfirul Ghoyyi” bertujuan untuk mencetak ilmuwan muslim yang shalih, serta memiliki skill dalam menjalankan tugas kekhalifahannya dengan penuh tanggung jawab dan berwibawa. Dan untuk meningkatkan kualitas pesantren, sehingga seorang anak didik/santri dapat diharapkan lebih manfaat dan berbobot mutunya, maka pengelolannya berkisar pada 2 (sistem), yakni formal dan non formal. Hal ini merupakan implementasi dari motto pesantren yakni:
“ al-muhafadhah ‘ala al-qadim ash-ashalih wa al-akhdzu bi al-jadid al-ashlah “
(mempertahankan nilai-nilai tradisi lama yang bagus, serta mengadopsi nilai-nilai tradisi baru yang lebih bagus)

       Pengasuh

  1. KH. Su’udy Karim

Pendidikan

1. MADRASAH TAHFIDH

Dikhususkan untuk membentuk kader-kader hafidh dan qori’ah yang bermutu dan sanggup memelihara, menghayati dan mengaplikasikan isi kandungan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari – hari.

2. MADRASAH DINIYAH

Merupakan kajian ilmu-ilmu agama (tauhid, fiqh, bahasa dan tashawuf) dengan menggunakan literatur kitab-kitab klasik (karya ulama salaf) dan kitab-kitab modern (karya ulama khalaf).

3. MAJLIS TA’LIM WAL-MUJAHADAH

Yakni suatu kajian ilmu agama dan kemasyarakatan serta ilmu dzikir yang dikhusukan untuk masyarakat di luar pesantren.

4. TK/TP AL-QUR’AN

Merupakan kajian ilmu baca tulis Al-Qur’an dan wawasan dasar keIslaman bagi tingkat dini/anak-anak.

5. SMP ISLAM “TANFIRUL GHOYYI” (SMI)

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat cepat serta bersifat global yang berdampak pada tuntutan, tantangan dan kebutuhan masyarakat yang demikian komplek diawali millenium ke-3 mengharuskan Pesantren melakukan perubahan dan perkembangan secara cepat, terus menerus dan berkesinambungan. Sebagai wujud kepekaan Keluarga Besar Pondok Pesantren “Tanfirul Ghoyyi” terhadap hal tersebut, maka tepat pada T.A. 2007-2008, didirikanlah Sekolah Menengah Pertama Islam (SMI) “Tanfirul Ghoyyi”.

6. SMK ISLAM “TANFIRUL GHOYYI” (SMI)

 

Ekstrakurikuler

  1. Tahfidzul Qur’an 
  2. Kajian Kitab kuning
  3. Tahlil
  4. Imamah
  5.  Khitobah
  6.  Muhadlarah (Latihan Pidato/Dakwah)
  7. PMR
  8. Paskibra
  9. Pengembangan Olahraga: Basket, Volli, Sepakbola, Beladiri
  10. Marchingband
  11.  Komputer
  12. Pramuka
  13. Seni Hadroh
  14. Kursus B. Arab dan B. Inggris
  15. Ketrampilan Hidup dan Wirausaha


 

Fasilitas

1. Masjid
2. Asrama Pesantren
3. Gedung Sekolah
4. Perpustakaan
5. MCK/WC
6. Laboratorium Komputer
7. Laboratorium Bahasa
8. Ruang tamu
9. Kopontren
10. Klinik Kesehatan
11. Aula
 


 

Alamat

Jl. Sunan Giri No.1, Sukomulyo, Sukorejo, Kec. Lamongan, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur

Telpon:  (0322) 322056

Kode Pos : 62215

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren


Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 
 

Pertanyaan Pengunjung

  • Belum ada pertanyaan untuk lembaga ini.