Anjuran Bertaubat Menjelang Ramadhan, Ini Doanya

 
Anjuran Bertaubat Menjelang Ramadhan, Ini Doanya
Sumber Gambar: Foto Ist

Laduni.ID, Jakarta – Tinggal menghitung hari semua umat muslim akan memasuki bulan yang pahalanya dilipatgandakan oleh Allah SWT, oleh sebab itu dalam rangka menyambut bulan suci ini kita dianjurkan taubat kepada Allah menjelang memasuki bulan Ramadhan.

Ulama salaf menganjurkan memperbanyak taubat kepada Allah sebagai bentuk persiapan batin menjelang memasuki bulan Ramadhan. Memperbanyak taubat ini dilakukan agar kita dapat menjalankan dan melalui bulan Ramadan sesuai dengan harapan Allah.

Pada hakikatnya, taubat harus kita lakukan setiap waktu. Namun keharusan bertaubat ini bertambah kuat sebelum memasuki bulan Ramadhan.

Ulama salaf menganjurkan untuk memperbanyak taubat kepada Allah menjelang memasuki bulan Ramadhan supaya kita bisa menjalankan puasa Ramadhan dengan hati yang bersih dan ketenangan jiwa.

Dengan kebersihan hati dan ketenangan jiwa, kita bisa sukses melaksanakan semua ibadah puasa Ramadhan dengan baik dan sempurna. Dalam surah Annur ayat 31, Allah berfirman;

وَتُوبُوا إِلَى اللَّهِ جَمِيعاً أَيُّهَا الْمُؤْمِنُونَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

Artinya: “Bertaubatlah kalian kepada Allah wahai orang-orang beriman supaya kalian beruntung (sukses).”

Salah satu doa taubat yang di ajarkan ulama salaf untuk dibaca menjelang memasuki Ramadhan adalah sebagai berikut:

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِى خَطِيئَتِى وَجَهْلِى وَإِسْرَافِى فِى أَمْرِى وَمَا أَنْتَ أَعْلَمُ بِهِ مِنِّى اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِى جِدِّى وَهَزْلِى وَخَطَئِى وَعَمْدِى وَكُلُّ ذَلِكَ عِنْدِى

“Allahumma ighfirli khothi-ati, wa jahli, wa isrofi fi amri, wama anta a’lamu bihi minni. Allahumma ighfirli jiddi wa hazli, wa khothoi wa ‘amdi, wa kullu dzalika ‘indi.

Artinya: “Ya Allah, ampunilah kesalahanku, kejahilanku, sikapku yang melampaui batas dalam urusanku dan segala hal yang Engkau lebih mengetahui hal itu dari diriku. Ya Allah, ampunilah aku, kesalahan yang kuperbuat tatkala serius maupun saat bercanda dan ampunilah pula kesalahanku saat aku tidak sengaja maupun sengaja, ampunilah segala kesalahan yang kulakukan.”

Semoga kita senantiasa diberikan kesehatan oleh Allah SWT dalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan dan bisa lebih memaksimalkan diri dalam meningkatkan ibadah di bulan suci Ramadhan.


Editor: Nasirudin Latif