Amalan Malam Jumat dan Cara Mengamalkannya

 
Amalan Malam Jumat dan Cara Mengamalkannya
Sumber Gambar: GR Stocks / Pexels

Laduni.ID, Jakarta - Dari sekian banyak amalan yang dapat diamalkan di malam jumat yang sudah terbukti khasiat dan kemujarabannya adalah dengan mengamalkan doa Imam Muqatil bin Sulaiman, seorang mufassir besar di masanya.

Dalam kitab Al-Jawahirul Khamsi karya Sayyidi Asy-Syaikh Muhammad bin Khathiruddin Bayazid halaman 81 dijelaskan sebagai berikut:

وروي عن الإمام مقاتل رضي الله عنه انه قال من كانت له حاجة الي الله ذي الجلال والإفضال يقرأ ليلة الجمعة مائة مرة هذا الدعاء فإن لم تقض حاجته فليلعن مقاتلا حيا او ميتا سواء كانت دنيوية او اخروية وهو هذا
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْم. لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ اِلَّا بِاللهِ العَلِيِّ العَظِيْم. يَا حَيُّ يَا قَيُّوْم يَا دَائِمُ يَا فَرْدُ يَا وِتْرُ يَا اَحَدُ يَا مَالِكَ المُلْكِ ذُو الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ بِرَحْمَتِكَ اَسْتَغِيْثُ وَصَلَّي اللهُ عَلَي خَيْرِ خَلْقِه مُحَمَّدٍ وَ اَلِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْن

Artinya: “Diriwayatkan dari Sayyidi Asy-Syaikh Al-Imam Muqatil Radhiyallaahu ‘Anhu bahwasanya beliau paring dawuh sebagai berikut, “Barangsiapa yang memiliki hajat kebutuhan kepada Allah Dzul Jalaali wal Ifdhaal maka amalkanlah doa berikut ini sebanyak 100 kali. Jika ente sudah mengamalkan kemudian tidak dikabulkan hajatnya oleh Allah, maka ente boleh melaknat Imam Muqatil, baik ketika beliau masih hidup maupun ketika sudah meninggal. Baik itu hajat duniawiyah maupun hajat ukhrawiyah. Adapun doa yang dimaksud adalah sebagai berikut:

“Bismillaahirrahmaanirrahiim. Laa Haula Wa Laa Quwwata Illaa Billaahil ‘Aliyyil ‘Adziim. Yaa Hayyu Yaa Qayyuum, Yaa Daaim Yaa Fardu Yaa Witru Yaa Ahad Yaa Maalikal Mulk Dzul Jalaali wal Ikraam Birahmatika Astaghiitsu wa Shallallaahu ‘Alaa Khairi Khalqih Muhammadin wa Aalihi wa Shahbiihii Ajma’iin.”

Adapun cara mengamalkannya amalan di atas dibaca pada malam jumat sebanyak 100 kali. Agar lebih utama, bisa juga di dilengkapi dengan mengamalkan mujahadah Ya Syakuur 1000 kali dengan kaifiyah berikut ini.

Amalan Mujahadah Ya Syakuur 1000x dan Doa Muqatil. Insya Allah dengan kaifiyah mujahadah ini, hajat dunia dan hajat akhirat kita akan cepat diijabah oleh Allah ta’ala. Dengan izin dan kuasa Allah, hajat dipermudah dan segala urusan diperlancar. Semua dengan kuasa dan izin Allah, Tuhan Yang Maha Esa, Maha Kuasa, dan Maha Pengasih serta Maha Penyayang. Dzat Yang Malu apabila ada hambaNya yang berdoa namun tidak diijabah doanya.

Maka sudah tidak ada alasan lagi bagi kita untuk tidak berdoa. Berdoalah selagi kita masih diberi kesempatan, karena dengan berdoa maka sesungguhnya kita sedang mengagungkan dan mengakui Keagungan serta Kuasa Allah Yang Maha Besar.


Source: Kitab Al-Jawahirul Khamsi karya Sayyidi Asy-Syaikh Muhammad bin Khathiruddin Bayazid halaman 81