Pesantren Syamsul Huda Cilacap

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD1 MTS/SMP1
MA/SMA1 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium1
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Syamsul Huda Cilacap

PROFIL
Pondok Pesantren Syamsul Huda berlokasi di Desa Ciklapa Kecamatan Kedungreja Kabupaten Cilacap, pesantren ini merupakan pesantren khalaf yang memiliki lembaga pendidikan formal dibawah naungan Kemenag.

Pondok Pesantren Syamsul Huda memadukan kurikulum kemenag dan kurikulum pesantren, dengan pengajaran ilmu pendidikan nasional dan ilmu pendidikan agama.

Pondok Pesantren Syamsul Huda memiliki prasarana dan sarana yang lengkap dan memadai untuk mendukung kemajuan dalam pengajaran di pesantren dan di lembaga pendidikan formal.

SEJARAH
Pondok Pesantren Syamsul Huda terletak di Dusun Mulyasari Desa Ciklapa Kecamatan Kedungreja Kabupaten Cilacap. Asal mula keberadaan Pondok Pesantren Syamsul Huda dirintis sejak KH. Abdul Qohar mukim di desa Ciklapa. Aktifitas pendidikan keagamaan dan dakwah Islam telah berlangsung sejak Kiai Abdur Rozaq (alm) membuka (babat) daerah yang dulu dikenal dengan nama Senggang (sekarang Mulyasari).

Beliau mendirikan masjid walaupun saat itu masih sederhana, dan mewakafkan tanah seluas 5.000 M2. Beliau berhasil merintis dan melakukan tugas mulia, behasil membentuk suatu kampung yang islami dan damai. Bahkan anak cucunya hingga kini mewarisi kegiatan dakwah dan pendidikan IslamIslam di dusun Mulyasari tersebut dan di berbagai daerah lainnya.

Setelah sekian lama berdakwah dan berhasil menjadi founding father bagi keberadaan masjid Syamsul Huda dan pendidikan agama di dalamnya, Alloh SWT memanggilnya ke haribaan-Nya pada saat Indonesia baru berdiri sebagai sebuah negara sekitar tahun 1947. Estafet dalam khidmah masjid berlanjut pada kiai Syarbini selaku anak menantu beliau.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.