PPAI An-Nahdliyah Kab Malang

PPAI An-Nahdliyah Kab Malang

Profil
Pondok Pesantren PPAI An-Nahdliyah merupakan pondok pesantren yang tetap eksis di tengah banyaknya lenbaga pendidikan di Malang. Pondok ini didirikan bersamaan dengan berdirinya MTs. Nahdlatul Ulama yang berada dalam satu lokasi. Pendirian pondok ini berawal dari wasiat almarhum H. Abdul Hadi Sa’id, tak lain adalah abah dari muassis (pendiri) Pondok Pesantren PPAI An-Nahdliyah untuk mengembangkan pendidikan Islam di Karangploso khususnya Kepuharjo.

Sejak Kyai Mansjur (Pengasuh PPAI An Nahdliyah) berada di pesantren, Abahnya yang kerapkali mengunjungi beliau di pesantren mengharapkan agar anaknya kelak bisa mengasuh pesantren seperti kyai Muhammad Sa’id. Untuk mewujudkan keinginannya itu, abah kyai Muhammad Mansjur itu mewaqafkan tanah milik keluarga sembari berpesan kepada kyai Mansjur: “Iki engkok kelolaen (ini nanti kamu kelola)”. Maka pada tahun 1988, pada saat berada di tanah suci Makkah, beliau bermunajat kepada Allah SWT di tanah suci agar diberikan kemudahan dan kekuatan untuk melaksanakan wasiat abahnya.

Pada awal berdirinya, tanah yang digunakan pesantren adalah tanah waqaf dari abah beliau. Pada tahun 1989 dimulailah pembangunan pondok ini dan selesai tahun 1990. Awalnya santri yang mondok hanya 60 orang. Dan yang sampai menamatkannya 42 orang. Secara bertahap makin tambah dan tambah, seiring dengan kualitas pendidikan yang diajarkan. Sehingga pondok ini memiliki tak kurang dari 350 santri (250 santriwati dan 100 santri). Di tengah tingginya biaya pendidikan, PPAI An-Nahdliyah memang tepat menjadi jujugan orang tua yang ingin menyekolahkan anakanya. Tidak perlu sedih bila ingin menyekolahkan putra-putri anda dengan biaya di bawah sekolah lain yang dirasa terlalu mahal. Di pesantren inilah kita bisa menyekolahkan putra-putri kita dengan biaya yang terjangkau. Di samping mendapat ilmu umum, putra-putri kita juga mendapatkan ilmu agama. Pengasuh : KH. Mochammad Mansjur

Visi dan Misi
Visi:  Terwujudnya Generasi Islami, Berprestasi, Terampil Dan Mandiri.

MISI
(1) Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan peserta didik;
(2) Melaksanakan pendidikan yang berkualitas;
(3) Mempersiapkan generasi Islam masa depan yang menguasai iptek dan ketrampilan sebagai bekal hidup mandiri;
(4) Mampu mengembangkan kreativitas yang inovatif;
(5) Membentuk perilaku Islami dalam kehidupan sehari-hari yang berwawasan Ahlus Sunnah Wal Jamaah.

Pendidikan
Taman Pendidikan Nahdlatul Ulama (TPNU) Karangploso mengelola pendidikan formal
Pendidikan Formal : 
1. Madrasah Tsanawiyah NU,  lembaga pendidikan yang menerima lulusan MI/SD untuk dididik menjadi siswa yang siap untuk melanjutkan ke MAPKNU atau MAKNU.
2. Madrasah Aliyah Program Khusus NU,  Menyelenggarakan pendidikan program pendidikan dan pengajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam), IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial), dan Program Keagamaan, ditambah menyelenggarakan program ekstrakurikuler secara intensif dengan sistem “Full Day School” 3. STAINU Malang
4. Pesantren Luhur Al-Ma'had Al-Aly NU (Pesantren Luhur) adalah salah satu pendidikan formal yang berada di Pondok Pesantren PPAI An-Nahdliyah Kepuharjo Karangploso Malang yang memberikan pendidikan terpadu antara sistem perguruan tinggi dan pondok pesantren. Disiplin ilmu yang diberikan meliputi ilmu tarbiyah dengan menyelenggarakan perkuliahan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Raden Rahmat, status terdaftar SK DIRJEN BINBAGA ISLAM DEPAG RI No: E/269/98/ pada kelas perkuliahan pondok pesantren PPAI An-Nahdliyah. Pesantren Luhur NU yang menyelenggarakan kajian kitab klasik (Kitab Kuning).

Fasilitas
Masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamarmandi/wc, klinik kesehatan.

Ekstrakurikuler
Pembinaan Tahfidz dan Tanfidz Al-Qur'an, marawis atau hadrah, Kajian kitab kuning, pidato, pramuka, komputer, bahasa asing, kaligrafi, silat, basket, voli, sepakbola, marching band, pengembangan jurnalistik dan publisistik, pengembangan Exacta (Lab Skill), Ketrampilan hidup/usaha

Alamat
Jl. Raya Kepuharjo No. 18-A, Karangploso 65152,KAB. MALANG,Jawa Timur
(0341) 465030 – 531643
Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran silahkan hubungi http://tpnu-online.com
 

 

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.