Pesantren Al-Huda Garut

Pesantren Al-Huda Garut

Profil
Pondok Pesantren Al-huda adalah lembaga pendidikan di bawah naungan Yayasan Pendidikan Islam Pesantren Al-huda ( Ma’had Al-huda Al Islami ) yang di dirikan oleh Syekh K.H. SIROJUDDIN (Amma biru ) pada tahun 1935 M telah menelurkan generasi bermutu ( Insan Mutadayiin dan berakhlak karimah ) terbukti dengan banyaknya lulusan/alumi yang diterima oleh lapisan masyarakat untuk membina umat. Pola pendidikan Islam pesantren Al-huda menggunakan sistem salafi ( pengajian kitab kuning ) dari sejak di dirikan tahun 1939 M s/d 2007 M.

amun setelah mengevaluasi serta menimbang era globalisasi kondisi pendidikan sekarang ini, maka Pendidikan Islam Pesantren Al-huda di mulai pada tahun ajaran baru 2008/2009 mengkombinasikan sistem klasik(salafi) dan mua’sir (modern). Dengan mengkombinasikan dua sistem pola pendidikan, yaitu Sistem Pendidikan Kepesantrenan Salafi dan Sistem Pendidikan Sekolah (SMP dan SMK PLUS AL-HUDA)  dengan tujuan membimbing para santri menjadi kader muslim yang berkualitas (Ar- ruh wa al jasad) yang Insya Allah dapat berilmu amaliyah dan beramal ilmiah.

VISI
Mewujudkan lembaga Pendidikan Pesantren unggulan yang mengintegrasikan kecerdasan pikiran, keluhuran akhlaq al karimah dan kedalaman spiritual secara sinergis (Tarbiyatul anfus wal afkar).

MISI
1. Membimbing dan membina para santri untuk memiliki dan mengamalkan kecerdasan pikiran, keluhuran akhlaq dan kedalaman spiritual berdasarkan syari’at Islam.
2. Menjunjung tinggi kedisiplinan pesantren, memberi keteladanan dalam mengamalkan kehidupan sehari – hari berdasarkan syari’at Islam dan tsaqofah luhur kepesantrenan.
3. Mempersiapkan para santri agar dapat melanjutkan pendidikan kearah yang lebih tinggi sehingga menjadi orang yang berguna bagi kemajuan agama Islam, nusa dan bangsa  
Pendidikan

Pendidikan Formal:
1. Madrasah Tsanawiyah
2. Sekolah Menengah dan Kejuruan

Pendidikan Informal: 
1. Madrasah Diniyah
2. Tahfidz Alqur'an
3. Kepesantrenan

Fasilitas
Masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamarmandi/wc, klinik kesehatan.

Ekstrakurikuler
1. Kajian kitab-kitab kuning (kitab salaf)
2. Pembinaan Tahfidz dan Tilawatil Al-Qur’an
3. Latihan berpidato dalam tiga bahasa (Indonesia, Inggris dan Arab)
4. berbahasa Arab dan Inggris sehari-hari
5. Diskusi dan Penelitian Ilmiah
6. Kepramukaan
7. Pengembangan Olahraga
8. Pengembangan Seni Drumband, Qashidah dan Marawis
9. Pengembangan Seni Beladiri
10. Tahfidhul Qur’an
11. Pengembangan jurnalistik dan publisistik
12. Pengembangan Exacta (Lab Skill), Ketrampilan, Wirausaha

Keorganisasian
IPNU/IPPNU
OSIS

Alamat
Jalan Otista No.24 Pananjung Tarogong Kaler Kabupaten Garut
44151
Telepon: (0262) 232067 


 

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.