Pesantren Al Kautsar Kab. Pamekasan

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD1 MTS/SMP1
MA/SMA1 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium2
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Al Kautsar Kab. Pamekasan

Profil

Pondok pesantren (Ponpes) Al Kautsar, berada di Lawangan Daja, Kecamatan Pademawu, pinggiran Kota Pamekasan. Memasuki pesantren ini seperti hadir di pondok salaf. Sebab, santri menghuni bilik-bilik bambu yang mirip deretan gardu. Tetapi di belahan pekarangan pesantren lainnya, terdapat lembaga pendidikan serupa TK, SMP, dan SMA. Di pondok ini, santri mendapat pelajaran zikir dan pembentukan moralitas.


    Sepintas, Al Kautsar tak nampak sebagai pondok pesantren. Sebab, tanah pekarangan pesantren tanpa pagar dan menyatu dengan warga sekitar. Di bagian tengah pekarangan, ada sebuah musala yang menjadi pusat kegiatan pengajian kitab dan zikir. Di dekat mushala terdapat TK, SMP, SMA, dan MD (madrasah diniyah).


    TK sampai SMA di ponpes ini mengikuti kurikulum konvensional. Sedangkan MD dan pengajian kitab bermuatan lokal pesantren. Di antaranya, ada kegiatan berzikir, penguatan aqidah, syariah, dan akhlakul karimah. Pada kegiatan zikir, santri taqarrub sambil membaca lafal tariqah qadiriyah naqsabandiyah Suryalaya. Untuk penguatan syariah, santri mendapat bimbingan beribadah sesuai ajaran syariat. Sedangkan membiasakan berbudi pekerti luhur, santri menerima ilmu al akhlaq dan wajib merealisasikan setiap hari.


    Pesantren ini lahir di era 80-an. Sebagian santri sekolah (formal) di lembaga di bawah yayasan Al Kaustar. Sebagian lainnya, santri memilih sekolah di luar pesantren. Pengasuh ponpes Al Kaustar KH Athorid Siraj memberi kebebasan bagi santrinya untuk sekolah di luar atau di dalam Al Kautsar. Tetapi sebagai santri di ponpes Al Kaustar, pesantren telah menggariskan aturannya yang sebisa mungkin tidak dilanggar santri. Misalnya, santri wajib salat berjamaah yang dilanjutkan dengan zikir bersama.


  Pesantren ini agak berbeda dengan yang lain. Buktinya, pesantren sangat respek untuk mengkampanyekan narkoba. Pengasuh pondok menganggap pecandu narkoba sedang menderita kedangkalan aqidah, syariah, dan akhlaqul karimah. Athorid menganggap pecandu narkoba pantas disembuhkan. Baik secara medis maupun spiritualitas. Karena Al Kaustar memiliki gerakan spiritualitas dalam laku zikir, santri dijauhkan dari narkoba dengan taqarrub dan berzikir berjamaah.
 
 

       Pengasuh

  1. KH Athorid Siraj

Pendidikan

Pendidikan Formal

  1. TK
  2. SMP
  3. SMA

Pendidikan Non Formal:

  1. Madrasah Diniyah
  2. Tahfidzul Qur'an

Ekstrakurikuler

  1. Tahfidzul Qur’an
  2. Tahlil
  3. Imamah
  4.  Khitobah
  5.  Kajian Kitab kuning
  6. Musik
  7. H.Seminar
  8. Diklat Komputer
  9. Life Skill
  10. Pramuka
  11. Kursus B. Arab dan B. Inggris
  12. Drumband
  13. Seni Hadroh



 

 

Fasilitas

1. Masjid
2. Asrama Pesantren
3. Gedung Sekolah
4. Perpustakaan
5. MCK/WC
6. Laboratorium Komputer
7. Laboratorium Bahasa
8. Ruang tamu
9. Kopontren
10. Klinik Kesehatan
11. Aula
 


Alamat

 Jl.Bonorogo 153 Lawangan Daya, Kab.Pamekasan

Kode Pos : 69323

Telpon: (0324) 328529

 

 

 

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.