Ziarah Makam KH. Muhammad Ramli, Muassis NU Sulawesi Selatan

 
Ziarah Makam KH. Muhammad Ramli, Muassis NU Sulawesi Selatan
Sumber Gambar: bataramedia.com

Laduni.ID, Jakarta – Bagi umat Islam Makassar, khususnya warga NU, nama KH. Muhammad Ramli sudah tak asing lagi di telinga mereka. KH. Muhammad Ramli lahir pada 1325 H atau bertepatan dengan 1906 M di Bone, Sulawesi Selatan. KH. Muhammad Ramli merupakan putra dari pasangan H. Masalah dan Hj. Aminah.

Sejak kecil, Kiai Ramli mendapatkan ilmu agama dari kedua orang tuanya. Untuk ilmu umum, Kiai Ramli belajar di Sekolah rakyat (SR) di sekitar rumahnya. Setelah beranjak dewasa, Kiai Ramli kemudian berangkat ke tanah suci Mekkah untuk melaksanakn ibadah haji dan belajar kepada ulama-ulama di sana.

Setelah dirasa cukup menimba ilmu kepada para ulama Mekkah, Kiai Ramli memutuskan untuk pulang dan kembali menimba ilmu kepada para ulama tanah air. Guru-guru beliau di tanah air di antaranya ialah KH. Ahmad Bone, Syekh Mahmud al-Madani, Syekh Radhi dan Syekh Hasan al-Yamani.

KH. Muhammad Ramli adalah sosok yang pertama kali menyebarkan NU di Sulawesi Selatan, khususnya Makassar. Melalui Rabithatul Ulama (RU) organisasi embrio terbentuknya NU di Makassar, Kiai REamli dan beberapa ulama lainnya menyebarluaskan paham Islam Ahlussunnah wal Jamaah.

Lokasi Makam

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN