Pesantren Baitul Arqom Al-Islami Ciparay Kab.Bandung

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD1 MTS/SMP1
MA/SMA1 Maly/Univ.1
Tahfidz1 Laboratorium1
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Baitul Arqom Al-Islami Ciparay Kab.Bandung

Profil

Pondok Pesantren Baitul Arqom terletak di Kampung Lembur Awi Km.9 Kecamatan Ciparay Kab. Bandung Jawa Barat. Muassis awwal (pendiri pertama) pondok adalah Hadrotus Syekh KH. Muhammad Faqih, kemudian dilanjutkan oleh pimpinan kedua oleh KH. Ubaidillah dan pimpinan dilanjutkan oleh al-Mukarrom KH. Ali Imron, setelah beliau meninggal dunia maka kepemimpinan dilanjutkan oleh adiknya yang bernam KH. Yusuf Salim Faqih, LC (Lulusan Talim Masjidil Haram, Makkah dan Univ. Al-Azhar, Kairo, Mesir) sampai sekarang.

Pondok Pesantren yang dibangun tahun 1922 oleh KH. Muhammad Fakih dalam rangka menegakkan amar makruf nahi munkar ini memiliki santri yang jumlahnya lebih dari seribu, yang berasal dari dalam dan luar pulau Jawa.

Adapun sistem pendidikan/pengajian ala Arqom adalah menggunakan sistem sorogan (salafi) yang mengacu pada seluruh ilmu agama namun Pesantren Baitul Arqom dikenal dikalangan orang pesantrenan sebagai pesantren yang kelebihannya dibidang ilmu bahasa Arab dan ilmu Nahwu Sharafnya.

setiap santri/wati yang baru diperbolehkan berbicara dengan bahasa Indonesia atau Sunda atau yang lainnya selama 6 bulan pertama menetap di pondok namun setelah lebih 6 bulan setiap santri/watri (tholib dan tholibah) wajib berbicara dengan menggunakan bahasa Arab setiap hari dimana saja dan kapan saja ("yajib ala kulli tholabah an yatakallamu billugatil arabiyyah kulla yaum fi ayyi makan wa fi kulli maqoom") dan setiap tempat selalu ada jasus (mata-mata) dari utusan Kyai/Ustadz yang mengintai santri/wati yang tidak berbicara bahasa Arab dan setiap ba'da maghrib selalu ada acara penghukumannya.
 

Sejarah
Sebuah lingkungan Asri dengan panorama indah Alam pegunungan diiringi dengan gemericik aliran Air dari hulusungai Citarum, menambah betah setiap mereka yang singgah.

Di kampung Lemburawi tepatnya -+  Tahun 1922, Mama KH Muhammad Faqih bin Mama KH Muhammad Salim mendirikan Pesantren Lemburawi, seperti halnya pesantren-pesantren di Jawa nama Pesantren banyak disamakan dengan nama kampong tempat Pesantren itu di dirikan.

Mama KH Muhammad Faqih adalah putra ke 2 dari 3 bersaudara dari pernikahan Rd.Mustanu nama kecil Mama KH Muhammad Salim  ( Lurah Bintang ) dan Nyimas Oneng dari Kampung Pasirhuni Desa Nagrak. Beliau KH Muhammad Faqih merupakan keturunan ke17 dari Wali yulloh Asal Cirebon Adipati Anom Kanjeng Syaikh Syarif Hidayatulloh ( Sunan Gunung Djati )

Pesantren Lemburawi didirikan dalam rangka menegakan Amar Ma’ruf Nahyi Anil Munkar dengan langkah pertama mengatasi masalah Akhlaqulkarimah,membina juga mencetak kader-kader Ulama, sekaligus menjaga dan melestarikan kemurnian Aqidah yang di wariskan oleh Sepuh-sepuhnya yaitu Aqidah Ahlussunnahwaljama’ah.

Metode  pengajian kitab yang diterapkan oleh Mama KH. Muhammad Faqih di Pesantren Lemburawi, tidak beda dengan Pesantren-pesantren Salafiyyah lainnya di Jawa Barat, yaitu System Bandungan dan Sorogan dengan berbagai disiplin Ilmu terutama Ilmu Nahwu,Shorof,Balaghoh,Mantiq,Fiqh, Tafsir,Hadits,Kalam dll. Bahkan metode ini tetap berjalan sampai sekarang. di samping pengajian untuk para santri, di Pesantren Lemburawi juga mengadakan pengajian Majlis Ta’lim untuk Masyarakat seperti Ibu – Ibu dan Bapak – Bapak,yang mana Pengajian Ibu – Ibu dilaksanakan pada hari Minggu pagi, sedangkan pengajian Bapak – Bapak diadakan pada hari Sabtu siang.

Mama KH. Muhammad Faqih dalam kesehariannya membangun Pondok Pesantren Lemburawi, tidak pernah menempatkan diri sebagai seorang pemimpin umat, apalagi menampakan sebagai seorang ulama,  keteladan beliau  di perlihatkan dalam kehidupan sehari – hari, beliau sosok pribadi yang ramah, berpenampilan  tenang dan sederhana, cara dakwah dan bicaranya lemah lembut dan amat santun sehingga menyejukan hati, begitupun dalam keseharianya, beliau dikenal Zuhud, Hilm dan Tawadlo.

Pada tahun 1964. Mama KH. Muhammad Faqih berpulang ke Rahmatulloh,Inanalillahi Wa Inna Ilaihi Rojiun.Dari pernikahnanya, Mama KHMuhammad Faqih dengan HjMaryamahdikaruniai 9 Putra-Putridiantaranya :

  1.     Hj. AnisahMabruroh
  2.     KH. Rd Sofwan
  3.     Hj. M NyimasQona’ah
  4.     KH. Ali Imron
  5.     KH. Taufiq Abdul Hakim
  6.     Hj. NengKholishohKamilah
  7.     Neng EndahZainab
  8.     KH. Yusuf SalimFaqih
  9.     Kyai Madani Sulaiman

Setelah wafatnya Mama KH Muhammad Faqih, Kepemimpinan Pondok Pesantren Lemburawi di teruskan olehmantunya, yaitu Mama KH. Ubaidillah, Selain memelihara dan mengembangkan apa yang sudah dirintis sebelumnya, Mama KH. Ubaidillah dikenal sangat bijaksana,jiwa Ri’ayah yang beliau miliki menjadikan para Santri  segan, sifat Qona’ahnya membuat masyarakat bangga mempunyai sosok pemimpin seperti beliau,  Mama KH Ubaidillah juga dikenal cukup respontif terhadap berbagai permasalahan yang sering terjadi di Masyarakat.

pada tahun 1966 Pondok Pesantren Lemburawi masih menggunakan system pengajian secara klasikal metode Pesantren Salafiyyah dengan mengedepankan Ilmu Alat.

Tahun 1970 Pesantren Lemburawi diganti nama dengan Pesantren Baitul Arqom Al Islami, Nama Baitul Arqom di ambil dari sejarah seorang sahabat Rosululloh SAW, yang bernama  Arqom bin Abi Arqom yang penuh dengan keikhlasan merelakan kediamannya dijadikan sebagai pusat da’wah penyebaran Agama oleh Rosululloh SAW .

Mama KH. Ubaidillah, sebagai sosok pribadi yang lembut,penuh dengan kebersamaan serta sukses menghantarkan Pesantren Baitul Arqom kearah yang lebih baik dan diterima sebagai pesantren yang mampu menerima perubahan.

pada hari selasa  tanggal 11 Februari 1986 Jam 04.30 WIB berpulang ke Rahmatulloh Inna Lillahi Wa Inna Ilaihi Rojiun.namun dari pernikahannya dengan Hj Anisah Mabruroh Putri Pertama Mama KH. Muhammad Faqih, Beliau tidak dikaruniai keturunan.

KH. Ali Imron, sosok pemimpin yang Kharismatik dan Bijaksana ini adalahputra ke 4 dari Mama KH Muhammad Faqih ( Muassis Awal Pondok Pesantren Baitul Arqom ) setelah wafatnya Mama KH Ubaidillah beliau meneruskan kepemimpinan Pondok Pesantren,dikarenakan putra ke 2 Almarhum Almaghfurlah Mama KH. Muhammad Faqih, yaitu KH. Rd. Sofwan  memimpin Pondok Pesantren Sukamiskin. Dalam mengembangkan Pondok Pesantren, beliau melaksanakan Amanat Ayahandanya Mama KH Muhammad Faqih dan kakaknya Mama KH. Ubaidillah serta KH.Rd. Sofwan, bahwa Pondok Pesantren Baitul Arqom harus bisa menjadi lembaga pendidikan Islam yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Dengan restu yang diberikan oleh Ibunda tercinta Hj. Maryamah,Mama KH Ubaidillah dan KH Rd Sofwan mulailah KH Ali Imron mencanangkan Orientasi Pesantren dengan Motto :

المحافظة على القديم الصالح والأخد بالجديد الأصلح

Dilatar belakangi dengan alasan bahwa pengajaran di pesantren tidak cukup dengan system Salafiyyah saja, tapi harus  dibarengi dengan system pendidikan umum dan kemasyarakatan.

Dalam keseharianya mengkhodami Pesantren, KH Ali Imron  dibantu oleh saudara dan keponakanya, KH Taufiq Abdul Hakim, KH Yusuf Salim, Kiyai Madani Sulaiman, Kiyai Sulaeman Ma’ruf,  KH. Abdul Khobir Hasan, KH. Fuad Musthofa Hanan, dan para Asatidz lainya.

Beliau KH Ali Imron, Adalah figur  yang penuh dengan keramahan, lemah lembut, tawadlo dan amat santun, sosok yang selalu mengeluarkan pemikiran baru, unik dan orisinil,pada hari senin  tanggal 06 Juni 2005 jam 16.30 WIB bertepatan dengan 28 Rabiul Tsani 1426 H. Menghadap keharibaan NYA, berpulang ke Rahmatulloh untuk selamanya. Inna Lillahi Wa Inna Ilaihi Rojiun.dari pernikahanya dengan Hj Hamidah ( Putri dari Hadrotussyaikh Mama KH Ruhiat Pesantren Cipasung Tasikmalaya ) Beliau dikaruniai 11 Putra-Putri  :

  1.     H Ahmad Faisal Imron
  2.     H Ahmad FauziImron
  3.     H Ahmad LuthfiImronSH.i
  4.     H Ahmad FahmiMubarok
  5.     Hj N Eli Alawiyyah
  6.     Ahmad Makky Imron ( Alm )
  7.     H Ahmad FuadRuhiat
  8.     Hj N NurAisyah
  9.     Hj N Zia Mahmudah
  10.     Hj N EmaMaryamah
  11.     Ahmad Win Khotimy ( Alm )

Pesantren diteruskan oleh KH. Yusuf Salim Faqih, putra ke 8 generasi terakhir dari Muassis Awwal Mama KH Muhammad Faqih,yang mana beliau Merupakan Lulusan dari Univ Madinah Saudi Arabia dan Al Azhar Kairo Mesir. dengan tidak melupakan program para pendahulunya,beliau terus berupaya memimpin Pesantren dengan mempertahankan serta mengembangkan Pesantren ke arah yang lebih baik.

KH. Yusuf Salim Faqih adalah figur pemimpin yang bijaksana dan tegas. dengan Program yang dibentuknya yaitu  LBA ( Lembaga Bahasa Arab ) percakapan Bahasa Arab menjadi alat komunikasi sehari-hari Santri, tidak terkecuali putra maupun  putri mereka menerapkan gaya bahasa dalam komunikasi sehari-hari secara mandiri,untuk menujang program tersebut KH Yusuf Salim Faqih, -+ Tahun 1982  mengadakan Taujeih Lughoh Arobiyyah yang dikenal dengan Orientasi Bahasa Arab.

Para Santri yang datang datang hampir seantero tanah air diantaranya Jabotabek, Sumatra,Sulawesi, Kalimantan, Papua, NTT dll. Mereka dating dari berbagai latarbelakang kehidupan, mereka dididik dan dibina bukan sajamen jadi kader Ulama AhlussunnahwalJama’ah tetapi juga menjadi generasi penerus bangsa yang cinta Persatuan dan kesatuan.

Pada hari Sabtu 04 Juli 2009 M bertepatan dengan 11 Rojab 1430 H Jam 04.30 WIB KH. Yusuf Salim Faqih berpulang ke Rahmatulloh Inna Lillahi Wa Inna Ilaihi Rojiun.dari pernikahannya dengan Hj E ItqiyyahMa’mun ( Cucudari Mama KH. Mansyur Santiong Cicalengka ) Beliau dikaruniai 9 Putra-Putri :

  1.     Anis Fuad Yusuf ( Alm )
  2.     H jFitriyyah Yusuf
  3.     Ahmad Mansyur Yusuf
  4.     Ceng Imam Mamduhillah Yusuf
  5.     Ibnu Athoillah Yusuf Al Hafidh
  6.     Muhammad Baqir Yusuf
  7.     Najib Muhammad Yusuf
  8.     Muhammad Nabil Yusuf ( Alm )
  9.     Siti A’inunnisa Yusuf

Setelah wafatnya KH Yusuf Salim Faqih, kepemimpinan dan kepengurusan Pesantren diteruskan oleh Cucu-Cucu Muassis Awwal Mama KH. Muhammad Faqih yang di sepuhi oleh KH. Abdul Khobi Hasan.

Hingga kini Pesantren Baitul Arqom Al Islamisudah memiliki Lembaga-lembaga pendidikan diantaranya:

•PAUD DAN TK PEMBINA BAITUL ARQOM
•MI ( MADRASAH IBTIDAIYYAH ) AKREDITASI A
•MTS ( MADRASAH TSANAWIYYAH ) AKREDITASI B+
•MA ( MADRASAH ALIYAH ) AKREDITASI A
•STAI ( SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM ) TERAKREDITASI
•LPK ( LEMBAGA PENDIDIKAN KOMPUTER )
•LBA ( LEMBAGA BAHASA ARAB )
•KBIH ( KELOMPOK BIMBINGAN IBADAH HAJI )
•JAM’IYYATUL QURO’ WAL HUFADH ( MADRASAH QIRO’AT DAN TAHFIDHUL QUR’AN )
•TAKHOSSUS DINIYYAH ( MADRASAH SALAFIYYAH SYAFI’IYYAH PENDALAMAN KITAB KUNING )
•LEMBAGA IKATAN ALUMNI, DLL

Itulah sekilas gambaran tentang  Pondok PesantrenLemburawi (1922 – 1970)  yang kini berubah nama menjadi PONDOK PESANTREN BAITUL ARQOM AL – ISLAMI ( -+ tahun 1970).

Pendiri
Syekh KH. Ubaidillah

Pengasuh

1. Hadrotus Syekh KH. Muhammad Faqih
2. KH. Ubaidillah
3. KH. Ali Imron
4. KH. Yusuf Salim Faqih, LC
5. KH. Abdul Khobi Hasan

Pendidikan

Unit Pendidikan:
1. PAUD DAN TK PEMBINA BAITUL ARQOM
2. MI ( MADRASAH IBTIDAIYYAH ) AKREDITASI A
3. MTS ( MADRASAH TSANAWIYYAH ) AKREDITASI B+
4. MA ( MADRASAH ALIYAH ) AKREDITASI A
5. STAI ( SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM ) TERAKREDITASI
6. LPK ( LEMBAGA PENDIDIKAN KOMPUTER )
7. LBA ( LEMBAGA BAHASA ARAB )
8. KBIH ( KELOMPOK BIMBINGAN IBADAH HAJI )
9. JAM’IYYATUL QURO’ WAL HUFADH ( MADRASAH QIRO’AT DAN TAHFIDHUL QUR’AN )
10. TAKHOSSUS DINIYYAH ( MADRASAH SALAFIYYAH SYAFI’IYYAH PENDALAMAN KITAB KUNING )
11. LEMBAGA IKATAN ALUMNI, DLL

Ekstrakurikuler

Pesantren Baitul Arqom Al-Islami memiliki ekstrakurikuler yang bisa diikuti para santri di antaranya :
1. Tahfidz al-Qur’an
2. Pengajian Kitab Kuning
3. Ziarah
4. Musyawarah Ma’hadiyah
5. Bahtsul Ma’sail
6. Diskusi Ilmiah
7. Hadrah/Rebana
8. Pengembangan Berbagai Olahraga
9. Keterampilan Wirausaha
10. Drumb Band
11. Pengembangan Jurnalistik dan Publish
12. Kaligrafi
13. Beladiri
14. Latihan berpidato
15. Diskusi dan Penelitian Ilmiah
16. Pramuka
17. PMR
18. Paskibra

Tadarus Baca Al Qur'an di pesantren Baitul Arqom Al-Islami


Hadrah di pesantren Baitul Arqom Al-Islami

Fasilitas

Pesantren Baitul Arqom Al-Islami​ memiliki fasilitas sebagai berikut:
1. Gedung Sekolah
2. Pesantren
3. Ruang Guru dan Staff
4. Laboratorium Komputer
5. UKS
6. Masjid
7. Pembelajaran dilengkapi LCD Proyektor
8. Tempat Parkir
9. Internet dan Hotspot area
10. Lapangan Serbaguna
11. Aula
12. Perpustakaan
13. Kantin
14. koperasi Sekolah


Gedung pesantren di pesantren Baitul Arqom Al-Islami


Gedung pesantren di pesantren Baitul Arqom Al-Islami

Alamat

Jl. Raya Pacet, Lemburawi km 09 Ciparay – Bandung, Jawa Barat
Kode Pos  :  40385
Telepon     :  022 85964444 / 081221345953 / 08522256777 / 087822300034 / 08522075360
Email        : info@baitularqom.or.id

 

Untuk informasi lebih lanjut dan mengenai pendaftaran silahkan hubungi melalui Website ini: Pesantren Baitul Arqom Al-Islami
                

KUNJUNGI JUGA

 

Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.  

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.