Pesantren Al Muthohar Purwakarta

Pesantren Al Muthohar Purwakarta

Profil

Pada tahun 1912 M, seorang ulama besar bernama K.H. Muhammad Thoha bin K.H. Ahmad Rafe’i mendirikan lembaga pendidikan Islam atau Pondok Pesantren di Kp. Legok Plered purwakarta, beliau adalah Tokoh utama pendiri Pondok Pesantren Darul Ulum (awal nama pondok pesantren Al Muthohhar) ini dan termasuk salah satu pesantren tua di provinsi jawa barat atau mungkin di Indonesia, karena berdiri semenjak masa penjajahan sehingga mengalami beberapa era di negeri tercinta ini.

Disamping pondok pesantren beliau juga mendirikan Madrasah Diniyah Al Huda, yang keduanya berdiri sebelum kemerdekaan dan Ahamdulillah masih berjalan sampai generasi sekarang. Tidak sedikit dari murid-murid beliau baik dari pesantren atau Madrasah Diniyah yang menjadi ulama dan tokoh nasional, setelah beliau wafat pada tahun 1945 (Almarhum Muhammad Thoha bin Haji Ahmad Rafe’i) namanya diabadikan dan disingkat menjadi “AL MUTHOHHAR” artinya yang disucikan, nama ini di abadikan agar selalu diingat, dikenang dan ditiru kepribadian serta Ilmunya oleh generasi penerusnya.
 
Salah satu amanat beliau kepada generasi penerusnya yaitu, “Al Muthohhar kedepan harus lebih “Rame”, yang dimaksud adalah rame dalam Ilmu pendidikan, Alhamdulillah meskipun terasa berat namun amanat beliau tetap dilaksanakan oleh para putra, cucu dan generasi selanjutnya, diantara para putranya yaitu Ibu Hj. Siti Jaenab (Alm), Ibu Hj. Siti Juariyah (Alm), KH. Sirojudin Thoha (Alm), KH. Adang Rafe’i (Alm), Ibu Hj. Sya’diyah (Alm), Ibu Hj. Siti Julaeha, KH. Abdurrahman Thoha (Alm), Ibu Hj. Kulsum Thoha, H. Muhtar Thoha (Alm), KH. Ahmad Sanusi Thoha (Alm) dan cucunya yaitu Jendral H. Ahmad Tirto Sudiro, KH. Muhammad Manaf Sholeh (Alm) dan KH. Muhyiddin Husein (Alm), dan sebagian putra Mama Thoha serta generasi penerusnya wafat dan berdomisili di Mekkah.

Alhamdulillah pada generasi ini Al Muthohhar banyak mengalami perkembangan sehingga pada tahun 1965 sempat berdiri Madrasah Muta’allimin yang setara dengan Madrasah Aliyah  sayangnya tidak berlangsung lama, kemudian pada 1976 terbentuklah Yayasan Pesantren Al Muthohhar dan pada tahun 1986 didirikan Madrasah Aliyah Al Muthohhar, kemudian pada tahun 1999 didirikan Raudhotul Athfal (RA) Al Muthohhar.

Jadi lembaga pendidikan yang masih berjalan sampai sekarang yaitu: 1. Pondok Pesantren, 2. Madrasah Diniyah Takmiliyah, 3. Madrasah Aliyah dan 4. Raudhotul Atfal (RA/TK). Dan pada tahun 2000 – 2002 melakukan rehab total masjid Al Muthohhar hingga meningkat statusnya menjadi masjid jami dan dipakai jum’atan sampai sekarang lengkap dengan kepengurusan Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) nya.

Pengasuh

  1. K.H. Muhammad Thoha bin K.H. Ahmad Rafe’i
  2. KH. Soleh Rapei, SH

Pendidikan

Pondok Pesantren Al Muthohar dalam pengembangan pendidikannya membuka beberapa unit pendidikan sebagai berikut:       
 
1. Pondok Pesantren
2. Madrasah Diniyah Takmiliyah
3. Madrasah Aliyah 
4. Raudhotul Atfal (RA/TK)
5. Madrasah Ibtidaiyah (MI)
6. SMP

Ekstrakurikuler

1. Tahsin dan Tahfidz
2. Tahassus Kitab Salafy        
3. Seni Baca Alquran
4. Khitobah 3 Bahasa
5. Hadroh
6. Praktek Ubudiyah
7. Pramuka
8. Beladiri
9. English Club
10. Komputer
11. Futsal
12. Volly
13. Basket
14. Tenis meja
15. Marching Band
16. PMR
17. Paskibra
 

 

Fasilitas

1. Gedung Sekolah
2. Pesantren
3. Ruang Guru dan Staff
4. Laboratorium Komputer
5. UKS
6. Masjid
7. Pembelajaran dilengkapi LCD Proyektor
8. Tempat Parkir
9. Internet dan Hotspot area
10. Lapangan Serbaguna
11. Aula
12. Perpustakaan
13. Kantin
14. koperasi Sekolah
 

 


 

Alamat

Ciboga Hilir, Plered, Palinggihan, Purwakarta, Kabupaten Purwakarta

Telepon : 0817-2367-283

Kode Pos: 41162
 

 

 
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id

 

Alumni Pesantren Al Muthohar Purwakarta