Asbabun Nuzul Surat Al-Anfal Ayat 70 - Tawanan Perang Badar Walau Sudah Masuk Islam tetap Harus Bayar Tebusan

Ayat ini turun berkenaan dengan para tawanan Perang Badar, di antaranya al-‘Abbas bin ‘Abdul-Muttalib, paman Nabi. Ketika Nabi menuntutnya membayar tebusan, ia menolak dan menyatakan diri telah masuk Islam. Namun demikian, Nabi bersikeras menuntut tebusan darinya.

  1. عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ: لمَاَّ جَاءَتْ أَهْلُ مَكَّةَ فِيْ فِدَاءِ أُسَارَاهُمْ، بَعَثَتْ زَيْنَبُ بِنْتُ رَسُوْلِ الله صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِيْ فِدَاءِ أَبِي الْعَاصِ، وَبَعَثَتْ فِيْهِ بِقِلَادَةٍ كَانَتْ خَدِيْجَةُ أَدْخَلَتْهَا بِهَا عَلَى أَبِيْ الْعَاصِ حِيْنَ بَنَى عَلَيْهَا، فَلَمَّا رَآهَا رَسُوْلُ الله صَلَّى الله عليه وآله وَسَلَّمَ رَقَّ لَهَا رِقَّةٌ شَدِيْدَةٌ، وَقَالَ: إِنْ رَأَيْتُمْ أَنْ تُطْلِقُوْا لَهَا أَسِيْرَهَا وَتَرُدُّوْا عَلَيْهَا الَّذِيْ لَهَا فَافْعَلُوْا، قَالُوْا: نَعَمْ يَا رَسُوْلَ اللهِ، وَرَدُّوْا عَلَيْهِ الَّذِيْ لَهَا .قَالَ: وَقَالَ الْعَبَّاسُ: يَا رَسُوْلَ اللهِ، إِنِّيْ كُنْتُ مُسْلِمًا ، فَقَالَ رَسُوْلُ الله صَلّى الله عليه وآله وَسَلَّم : أَلله ُأَعْلَمُ بِإِسْلَامِكَ، فَإِنْ يَكُنْ كَمَا تَقُوْلُ فَاللهُ يَجْزِيْكَ، فَافْدِ نَفْسَكَ وَابْنَيْ أَخَوَيْكَ نَوْفَلَ بْنَ الْحَارِثِ بْنِ عَبْدِ الْمُطَلِّبِ وَعُقَيْلَ بْنَ أَبِيْ طَالِبِ بْنِ عَبْدِ الْمُطَّلِبِ، وَحَلِيْفَكَ عُتْبَةَ بْنَ عَمْرِو بْنِ جَحْدَمٍ أَخَا بَنِي الْحَارِثِ بْنِ فِهْرٍ. فَقَالَ: مَا ذَاكَ عِنْدِيْ يَا رَسُوْلَ الله؟ قال: فَأَيْنَ الْمَالُ الَّذِيْ دَفَنْتَ أَنْتَ وَأُمُّ الْفَضْلِ، فَقُلْتَ لَهَا إِنْ أُصِبْتُ فَهَذَا الْمَالُ لِبَنِي الْفَضْلِ وَعَبْدِ اللهِ وَقُثَمَ؟ فَقَالَ: وَاللهِ يَا رَسُوْلَ اللهِ ، إِنِّي أَشْهَدُ أَنَّكَ رَسُوْلُ الله ، إِنَّ هَذَا لَشَيْءٌ مَا عَلِمَهُ أَحَدٌ غَيْرِيْ وَغَيْرُ أُمِّ الْفَضْلِ، فَاحْسِبْ لِيْ يَا رَسُوْلَ اللهِ مَا أَصَبْتُمْ مِنِّيْ عِشْرِيْنَ أُوْقِيَّةً مِنْ مَالٍ كَانَ مَعِيْ، فَقَالَ رَسُوْلُ الله صَلّى الله عليه وآله وَسَلَّم: اِفْعَلْ. فَفَدَى الْعَبَّاسُ نَفْسَهُ وَابْنَيْ أَخَوَيْهِ وَحَلِيْفَهُ، وَأَنْزَلَ الله عَزَّ وَجَلَّ: (يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لِمَنْ فِيْ أَيْدِيْكُمْ مِنَ اْلأَسْرَى إِنْ يَعْلَمِ اللهُ فِيْ قُلُوْبِكُمْ خَيْرًا يُؤْتِكُمْ خَيْرًا مِمَّا أُخِذَ مِنْكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ وَاللهُ غَفُوْرٌ رَحِيْمٌ) فَأَعْطَانِيْ مَكَانَ الْعِشْرِيْنَ الْأُوْقِيَّةِ فِيْ الْإِسْلَامِ عِشْرِيْنَ عَبْدًا، كُلُّهُمْ فِيْ يَدِهِ مَالٌ يَضْرِبُ بِهِ مَعَ مَا أَرْجُوْ مِنْ مَغْفِرَةِ اللهِ عَزَّ وَجَلَّ. (1)

    Ahu ‘alaihi wasallam, mengirimkan sebuah kalung miliknya untuk menebus Abu al-‘A al-‘Ahu ‘alaihi wasallam sangat terharu ketika melihatnya. Beliau berkata, “Jika kalian tidak keberatan, bebaskanlah Abu al-As, ia berkata, ‘Sungguh, aku sudah masuk Islam, wahai Rasulullah.’ Beliau menjawab, ‘Allah lebih tahu apakah engkau masuk Islam atau tidak. Bila pengakuanmu benar, pasti Allah akan membalasnya. Tebuslah dirimu, kedua keponakan yaitu Naufal bin Haris bin ‘Abdil Muttalib dan ‘Uqail bin Abi Talib bin ‘Abdil Muttalib, dan sekutumu, ‘Utbah bin ‘Amr bin Jahdam yang juga saudara Bani Haris bin Fihr.’ ‘Abbas berkata, ‘Aku tidak sanggup, wahai Rasulullah.’ Beliau berkata, ‘Dimanakah harta yang engkau dan istrimu, Ummu Fadl, simpan? Bukankah engkau pernah berpesan kepadanya bahwa jika engkau tertangkap maka harta itu akan kauwariskan kepada Bani Fadl, ‘Abdullah, dan Qusam?’ ‘Abbas berkata, ‘Wahai Rasulullah, aku bersaksi engkau adalah utusan Allah. Sungguh, hanya aku dan Ummu Fadl yang tahu tentang hal itu. Ambilah dua puluh keping uang yang ada padaku agar engkau membebaskanku.’ Beliau bersabda, ‘Baiklah.’ Akhirnya, ‘Abbas pun menebus dirinya, kedua keponakannya, dan sekutunya. Dalam hal ini turunlah firman Allah qul liman fi aidikum minal-asra in ya‘lamillahu fi qulubikum khairan yu’tikum khairan mimma ukhiza minkum wa yagfir lakum wallahu gafurur-rahim. ‘Abbas berkata, ‘Setelah aku masuk Islam, sebagai ganti dua puluh keping uang itu, Allah memberiku dua puluh budak yang masing-masing menggenggam uang yang banyak. Selain itu, aku pun punya harapan untuk mendapat ampunan dari Allah.’”


    Sumber artikel:
    Buku Asbabul Nuzul: Kronologi dan Sebab Turun Wahyu Al-Qur'an
    Buku disusun oleh Muchlis M. Hanafi (ed.)
    Buku diterbitkan oleh Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an, Badan Litbang dan Diklat, Kementerian Agama RI, 2017


    (1) Sahih; diriwayatkan oleh al-Hakim dan al-Baihaqiy. Al-Hakim mengatakan sanad hadis ini sahih berdasarkan syarat Muslim. az-Z|ahabiy pun setuju dengan pendapat tersebut. Lihat: al-Mustadrak, dalam Kitab Ma‘rifah as-Sahabah, juz 3, hlm. 366–367, hadis nomor 5409; al-Baihaqiy, as-Sunan al-Kubra, dalam Kitab Qism al-Fai’ wa al-Ganimah, Bab ma Ja’a fi Mufadah ar-Rijal minhum bi al-Mal, juz 6, hlm. 523–524, hadis nomor 12489.