Asbabun Nuzul Surat At-Taubah Ayat 61
Ayat ini turun berkenaan dengan seorang munafik bernama Nabtal bin alH{a>ris\ yang rajin menghadiri majelis Nabi. Kepada orang-orang munafik lainnya ia menyebarluaskan apa yang disampaikan Nabi supaya mereka dapat menjelek-jelekkan beliau.
-
عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ: كَانَ نَبْتَلُ بْنُ الْحَارِثِ يَأْتِيْ رَسُوْلَ اللهِ صلى الله عليه وسلم فَيَجْلِسُ إِلَيْهِ فَيَسْمَعُ مِنْهُ، ثُمَّ يَنْقُلُ حَدِيْثَهُ إِلَى الْمُنَافِقِيْنَ، وَهُوَ الَّذِيْ قَالَ لَهُمْ: إِنَّمَا مُحَمَّدٌ أُذُنٌ، مَنْ حَدَّثَهُ بِشَيْءٍ صَدَّقَهُ. فَأَنْزَلَ اللهُ فِيْهِ (وَمِنْهُمُ الَّذِيْنَ يُؤْذُوْنَ النَّبِيَّ وَيَقُوْلُوْنَ هُوَ أُذُنٌ). (1)
Ibnu ‘Abba>s berkata, “Suatu hari Nabtal bin al-H{a>ris\ menghadap Rasulullah. Ia duduk dan mendengarkan pesan-pesan yang beliau sampaikan. Setelah pulang, ia lalu menyampaikan kepada orang-orang munafik lainnya pesan-pesan Nabi tersebut (dengan tujuan mengejek). Dialah yang berkata kepada orang-orang munafik, ‘Muhammad mempercayai apa saja yang didengarnya; ia mempercayai siapa pun yang menyampaikan suatu kabar kepadanya.’ Berkaitan dengan pria ini Allah menurunkan ayat, waminhumul-laz\i>na yu’z\u>nan-nabiyya wayaqu>lu>na huwa uz\un.
Sumber artikel:
Buku Asbabul Nuzul: Kronologi dan Sebab Turun Wahyu Al-Qur'an
Buku disusun oleh Muchlis M. Hanafi (ed.)
Buku diterbitkan oleh Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an, Badan Litbang dan Diklat, Kementerian Agama RI, 2017
(1) Hasan; diriwayatkan oleh Ibnu Abi> H{a>tim dari Muh}ammad bin ‘Abba>s dari Muh}ammad bin ‘Amr Zunaij dari Salamah dari Ibnu Ish}a>q dari Muh}ammad bin Abi> Muh}ammad dari ‘Ikrimah atau Sa‘i>d bin Jubair dari Ibnu ‘Abba>s. Muh}ammad bin ‘Abba>s adalah seorang yang s}adu>q (bisa diterima hadisnya). Adapun Muh}ammad bin ‘Amr Zunaij adalah perawi yang s\\iqah. Di antara ulama yang meriwayatkan hadis dari jalurnya adalah Imam Muslim dan para pengarang empat kitab Sunan. Hadis yang sama juga disebutkan oleh as-Suyu>t}iy. Ia menisbatkan riwayat ini kepada Ibnu Ish}a>q dan Ibnu al-Munz\ir. Lihat: Ibnu Abi> H{a>tim, Tafsi>r al-Qur’a>n al-‘Az}i>m, juz 6, hlm. 1826, no. 10399; as-Suyu>t}iy, ad-Durr al-Mans\u>r, juz 7, hlm. 421.