Asbabun Nuzul Surat Al Baqarah Ayat 76 - Sikap Rahib Yahudi kepada Kaum Yahudi yang Mengakui Kenabian Nabi Muhammad

Sebagian kaum Yahudi menyatakan pengakuan mereka atas kenabian Nabi Muhammad di hadapan kaum mukmin. Hal ini membuat kawankawan mereka dari kalangan rahib kesal dan menegur mereka untuk tidak mengulanginya lagi. Itulah peristiwa yang melatarbelakangi turunnya ayat tersebut.

  1. عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ: (وَإِذَا لَقُوْا الَّذِيْنَ آمَنُوْا قَالُوْا آمَنَّا) أَيْ بِصَاحِبِكُمْ رَسُوْلِ اللهِ ، وَلِكَنَّهُ إِلَيْكُمْ خَاصَّةً . (وَإِذَا خَلَا بَعْضُهُمْ إِلَى بَعْضٍ قَالُوْا) لَا تُحَدِّثُوْا الْعَرَبَ بِهَذَا، فَإِنَّكُمْ قَدْ كُنْتُمْ تَسْتَفْتِحُوْنَ بِهِ عَلَيْهِمْ، فَكَانَ مِنْهُمْ. (1)

    Menjelaskan firman Allah, wa id}a laqul-ladina amanu qalu amanna, Ibnu ‘Abbas berkata, “Kaum Yahudi berkata, ‘Kami percaya sahabat kalian adalah benar utusan Allah, akan tetapi ia diutus hanya untuk kalian bukan untuk kami.’ Begitu mereka berjumpa dengan kaum Yahudi yang lain, mereka pun menegur, ‘Jangan kalian bicarakan masalah ini (kerasulan Muhammad) kepada orang Arab karena dulu kalian meminta kemenangan (atas mereka) kepada Allah dengan wasilah kerasulan Muhammad, lalu kini kita tahu ternyata ia bagian dari mereka.’"



     


    Sumber artikel:
    Buku Asbabul Nuzul: Kronologi dan Sebab Turun Wahyu Al-Qur'an
    Buku disusun oleh Muchlis M. Hanafi (ed.)
    Buku diterbitkan oleh Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an, Badan Litbang dan Diklat, Kementerian Agama RI, 2017


    (1) Hasan; diriwayatkan oleh at-Tabariy dari jalur Ibnu Humaid dari Salamah dari Ibnu Ishaq dari Muhammad bin Abu Muhammad dari ‘Ikrimah atau Sa'id bin Jubair dari Ibnu ‘Abbas. Lihat: at-T|abariy, Jami' al-Bayan, juz 2, hlm. 146. Semua perawi riwayat ini siqah (tepercaya). As-Suyutiy menyatakan bahwa sanad hadis ini hasan. Pendapat ini disetujui oleh Abu ‘Umar Nadi. Lihat: Jalaluddin as-Suyutiy, ad-Durr al-Mansur (Kairo: Markaz al-Hajr, cet. 1, 2003), juz 1, hlm. 428; Abu 'Umar Nadi, al-Maqbul min Asbab an-Nuzul, hlm. 60.