Asbabun Nuzul Surat Ali Imran Ayat 23-24

Salah satu sikap buruk kaum Yahudi yang dicela oleh Al-Qur’an adalah keengganan mereka melaksanakan hukum yang Allah turunkan dalam Taurat bila hukum itu tidak sesuai dengan keinginan mereka. Ayat ini turun berkaitan dengan keengganan mereka untuk diajak memutuskan suatu perkara berdasarkan hukum dalam kitab Allah.

  1. عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رضي الله عنهما قَالَ: دَخَلَ رَسُوْلُ الله صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بَيْتَ الْمِدْرَاسِ عَلَى جَمَاعَةٍ مِنَ الْيَهُوْدِ، فَدَعَاهُمْ إِلَى اللهِ، فَقَالَ لَهُ نُعَيْمُ بْنُ عَمْرٍو وَالْحَارِثُ بْنُ زَيْدٍ: عَلَى أَيِّ دِيْنٍ أَنْتَ يَا مُحَمَّدُ؟ فقال: عَلَى مِلَّةِ إِبْرَاهِيْمَ وَدِيْنِهِ، فَقَالَا: فَإِنَّ إِبْرَاهِيْمَ كَانَ يَهُوْدِيًّا، فَقَالَ لَهُمَا رَسُوْلُ الله صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: فَهَلُمُّوْا إِلَى التَّوْرَاةِ فَهِيَ بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمْ، فَأَبَيَا عَلَيْهِ، فَأَنْزَلَ الله تَعَالَى ( أَلَمْ تَرَ إِلَى الَّذِينَ أُوتُوا نَصِيبًا مِنَ الْكِتَابِ يُدْعَوْنَ إِلَىٰ كِتَابِ اللَّهِ لِيَحْكُمَ بَيْنَهُمْ ثُمَّ يَتَوَلَّىٰ فَرِيقٌ مِنْهُمْ وَهُمْ مُعْرِضُونَ ... إِلَى قَوْلِهِ: مَا كَانُوا يَفْتَرُونَ). (1)

    Ibnu ‘Abba>s berkata, “Rasulullah s}allalla>hu ‘alaihi wasallam memasuki Baitul-Midra>s (pondok belajar kaum Yahudi) guna menjumpai sekelompok kaum Yahudi. Di sana beliau menyeru mereka untuk beriman kepada Allah. Nu‘aim bin ‘Amr dan H{a>ris\ bin Zaid bertanya, ‘Wahai Muhammad, ajaran dan agama apa yang kauyakini?’ Beliau menjawab, ‘Ajaran dan agama Ibrahim.’ Mereka berkata, ‘Sungguh, Ibrahim adalah seorang Yahudi.’ Beliau bersabda, ‘Jika demikian, mari kita buka Taurat untuk memutuskan siapa di antara kita yang benar.’ Mereka ternyata enggan memenuhi ajakan Nabi tersebut. Allah lantas menurunkan firman-Nya, alam tara ilal-laz\i>na u>tu> nas}i>bam minal-kita>bi yud‘auna ila> kita>billa>hi liyah}kuma bainahum s\umma yatawalla> fari>qum-minhum wahum mu‘rid}u>n...hingga firman-Nya, ma> ka>nu> yaftaru>n.”

    Sumber artikel:
    Buku Asbabul Nuzul: Kronologi dan Sebab Turun Wahyu Al-Qur'an
    Buku disusun oleh Muchlis M. Hanafi (ed.)
    Buku diterbitkan oleh Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an, Badan Litbang dan Diklat, Kementerian Agama RI, 2017


    (1) Hasan; diriwayatkan oleh at}-T{abariy dari Ibnu ‘Abba>s dan Ibnu Abi> H{a>tim secara mursal dari ‘Ikrimah. Lihat: at}-T{abariy, Ja>mi‘ al-Baya>n, juz 5, hlm. 293; Ibnu Abi> H{a>tim, Tafsi>r al-Qur’a>n al-‘Az}i>m, juz 2, hlm. 622. Sanad riwayat ini dinilai hasan oleh ‘Is}a>m bin ‘Abdul-Muh}sin, as}-S{ah}i>h}} min Asba>b an-Nuzu>l, hlm. 82.