Asbabun Nuzul Surat Ali Imran Ayat 113-114 - Penjelasan tidak Semua Ahli Kitab Mempunyai Karakter, watak, dan Sifat yang Buruk serta Membangkang Terhadap Islam

Dua ayat ini turun untuk menjelaskan bahwa tidak semua Ahli Kitab memiliki karakter, watak, dan sifat yang buruk serta membangkang terhadap Islam. Sebaliknya, ada di antara mereka orang-orang yang bersikap lurus pada agama Allah.

  1. عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ الله عَنْه قَالَ :لَمَّا أَسْلَمَ عَبْدُ الله بْنِ سَلَامٍ، وَثَعْلَبَةُ بْنُ سَعْيَةَ، وَأُسَيْدُ بْنُ سَعْيَةَ، وَأَسَدُ بْنُ عُبَيْدٍ، وَمَنْ أَسْلَمَ مِنْ يَهُوْدَ مَعَهُمْ، فَآمَنُوْا وَصَدَّقُوْا وَرَغِبُوْا فِي الْإِسْلَامِ وَ رَسِخُوْا فِيْهِ، قَالَتْ :أَحْبَارُ يَهُوْدَ وَأَهْلُ الْكُفْرِ مِنْهُمْ:مَا آمَنَ بِمُحَمَّدٍ وَلَا تَبِعَهُ إِلَّا أَشْرَارُنَا، وَلَوْ كَانُوْا مِنْ خِيَارِنَا مَا تَرَكُوْا دِيْنَ آبَائِهِمْ وَذَهَبُوْا إِلَى غَيْرِهِ، فَأَنْزَلَ اللهُ عَزَّ وَجَلَّ فِي ذَلِكَ مِنْ قَوْلِهِمْ: (لَيْسُوا سَوَاءً ۗ مِنْ أَهْلِ الْكِتَابِ أُمَّةٌ قَائِمَةٌ يَتْلُونَ آيَاتِ اللَّهِ آنَاءَ اللَّيْلِ وَهُمْ يَسْجُدُونَ، يُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ وَيَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَيُسَارِعُونَ فِي الْخَيْرَاتِ وَأُولَٰئِكَ مِنَ الصَّالِحِينَ). (1)

    Ibnu ‘Abba>s rad}iyalla>hu 'anhu berkata, “Ketika ‘Abdulla>h bin Sala>m, s\a‘labah bin Sa‘yah, Usaid bin Sa‘yah, Asad bin ‘Ubaid, dan beberapa orang Yahudi lainnya menyatakan masuk Islam, beriman, membenarkan ajaran Nabi, dan mencintai Islam dengan sungguh-sungguh, para pemuka Yahudi dan mereka yang masih ingkar berkata, ‘Hanya orang-orang terburuk di antara kita (Yahudi) yang mau percaya dan mengikuti Muhammad. Kalau mereka benar orang-orang terbaik di antara kita, pasti mereka tidak akan meninggalkan agama nenek moyang dan berpaling ke agama yang lain.’ Allah lantas menurunkan ayat berikut untuk menanggapi pernyataan mereka, laysu> sawa>’a, min ahlil-kita>bi ummatun qa>’imatun yatlu>na a>yatilla>hi a>na>’al-laili wahum yasjudu>n, yu’minu>na billa>hi wal-yaumil-a>khiri waya’muru>na bil-ma‘ru>fi wayanhauna‘anil-munkari wayusa>ri‘u>na fil-khaira>ti wa ula>’ika minas}-s}alih}i>n.”


    Sumber artikel:
    Buku Asbabul Nuzul: Kronologi dan Sebab Turun Wahyu Al-Qur'an
    Buku disusun oleh Muchlis M. Hanafi (ed.)
    Buku diterbitkan oleh Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an, Badan Litbang dan Diklat, Kementerian Agama RI, 2017


    (1) Hasan; diriwayatkan oleh at}-T{abariy, Ibnu Abi> H{a>tim, al-Baihaqiy, dan at}-T{abra>niy. Semuanya dari jalur Ibnu Ish}a>q dari Muh}ammad bin Abu> Muh}ammad dari Sa‘i>d bin Jubair atau ‘Ikrimah dari Ibnu ‘Abba>s. Semua perawi dalam sanad hadis riwayat at}-T{abra>niy ini s\iqah sebagaimana dikatakan al-H{ais\amiy. Lihat: at}-T{abariy, Ja>mi‘ al-Baya>n, juz 5, hlm. 691; Ibnu Abi> H{a>tim, Tafsi>r al-Qur’a>n al-‘Az}i>m, juz 3, hlm. 737, riwayat no. 4003; al-Baihaqiy, Dala>’il an-Nubuwwah, juz 2, hlm. 533–534; at}-T{abra>niy, al-Mu‘jam al-Kabi>r, juz 2, hlm. 87, hadis nomor 1388. Lihat pula: al-H{ais\amiy, Majma‘ az-Zawa>’id, juz 7, hlm. 33, hadis nomor 10899.