Kitab Al Aufaq

PengarangImam al GhazaliTahun Terbit{"masehi":"","hijriah":""}
PenerbitAl Maktab al IslamiFan/Kategorihikmah
Download KitabDownloadInformasi buku tersebut dapat diperoleh di :

 Kitab Al-Aufaq merupakan salah satu karya Syaikh Abu Hamid Muhammad bin Muhammad al Ghazali ath-Thusi asy-Syafi'i atau yang sering dikenal dengan sebutan Imam Al-Ghozali,kitab ini memuat berbagai macam doa-doa,wifiq,rajah maupun azimat dan banyak juga yang menyebutnya dengan rahasia ilmu ghaib al Ghazali, tertentu lengkap dengan manfaat dan keguanaannya masing-masing.
Kitab ini merupakan salah satu kitab rujukan para kiyai Nusantara dan mengkajinya di pesantren. Kitab ini sangat unik karna didalamnya terdapat kode-kode atau simbol tertentu yang bisa digunakan sebagai jimat dan keguanaan lainnya. Kode dan symbol itulah yang biasa disebut sebagai wifiq, azimat, atau rajah. Terlalu banyak rahasia yang terkandung dalam kitab ini dan tidak bisa semuanya dijelaskan kecuali dari ahlinya.
 

Penting untuk diingat, bila mengamalkan isi kitab ini maka harus didasari keimanan dan keyakinan yang kaut serta penyerahan diri secara penuh kepada Allah SWT, disamping itu dasar ketaqwaan juga harus slalu dipelihara agar tidak tertipu oleh tipu daya syaitan.

Selain Mamba' Ushul Hikmah dan Syamsul Ma'arif Al-Kubro, salah satu kitab hikmah yang beredar di kalangan pesantren tradisional dan dijadikan judul pasanan adalah Al-Aufaq, yang dinisbatkan penulisnya kepada Imam Al-Ghazali.

Kitab Al-Aufaq berisi tentang rahasia-rahasia Allah dan ism a'dham-Nya. Kalangan salafi wahabi menyebut kitab ini sebagai kitab syirik. Mereka tidak paham kalau isinya adalah mengagungkan asma' Allah dan Nabi-nya dengan cara yang tidak mereka pahami.

Baik, itu tadi sekilas resensi dari kitab Al-Aufaq  yang bisa kami bagikan. Semoga apa yang sudah dibagikan dan Sampaikan bisa bermanfaat


Simak Video bermanfaat lainnya di kanal Youtube LADUNI.ID! Subscribe!