Kitab Imriti-Makna Kuno Pesantren

Didownload setiap hari mulai pukul 08:00 s/d 15:00 WIB
ID Kitab417
PengarangSyaikh Yahya ImrithiTahun Terbit Masehi/Hijriah-/-
PenerbitFan/KategoriUshul Fiqh
Download Kitab Tersedia di pukul 08:00 s/d 15:00 WIB Informasi buku tersebut dapat diperoleh di :

Karya Syaikh Yahya Imrithi. Nama lengkap beliau adalah Yahya bin Nuruddin bin Musa bin Ramadhan bin Umaiurah Syarafuddin al-Imrithi.
Yahya adalah nama aslinya, sedangkan Syarafuddin adalah gelarnya.  Selain ahli dalam bidang nadhim (pengarang nazam), beliau juga ahli dalam bidang fiqh dan usul fiqh, khususnya dalam mazhab Syafii.

Di lingkungan pesantren, kitab Imriti atau imrithi adalah salah satu pegangan wajib dalam bidang Nahwu. Maka wajar kalau nama kitab ini sudah tidak asing di pesantren-pesantren pelosok negeri.Kitab ini juga akrab terselip di saku-saku santri, karena bentuknya yang kecil (hanya berupa nazam), dapat dibawa ke mana-mana, dan dihafal di mana-mana. Kitab yang berjumlah 254 bait, syair, atau nazam ini berisikan kajian Nahwu dasar. Dari segi kesulitan, kitab ini berada di tengah-tengah antara kitab Jurumiyah dan kitab Alfiyah Ibnu Malik, pegangan wajib setelah belajar Jurumiyah, dan sebelum menyentuh kitab Alfiyah yang begitu kompleks dan rumit.

Tata urutannya pun sama dengan kitab Jurumiyah, mulai dari pembahasan kalam, termasuk di dalamnya ketentuan-ketentuan sederhana dalam membuat kalimat sempurna. Kemudian disusul dengan penjelasan i’rab lengkap dengan pembagian-pembagiannya, yaitu i’rab rafa’, nasab, jer, dan jazem. Disertakan pula tanda-tandanya, mulai dari alamat atau tanda i’rab rafa’, nasab, dan seterusnya.

Terimakasih telah membaca  Kitab Makna Kuno Pesantren Imriti ,  di web https://www.laduni.id/kitab, semoga kitab ini bisa memberikan manfaat untuk kita semua.
Aamiin ya rabbal 'aalamiin

IDENTITAS KITAB

               
                 

JUDUL                  

:

  MAKNA KUNO PESANTREN IMRITI (PDF)

           

PENULIS               

:

 SYAIKH YAHYA IMRITHI

           

PENERJEMAH    

:

-------------            

PENERBIT           

:

-------------            

TAHUN                

:

-------------            

Tebal                  

:

 14  halaman (PDF)

           

 


Simak Video bermanfaat lainnya di kanal Youtube LADUNI.ID! Subscribe!