Kitab - Buldaniyyat As-Sakhowi

Didownload setiap hari mulai pukul 08:00 s/d 15:00 WIB
ID Kitab70
PengarangSyaikh Syamsuddin as SakhawiTahun Terbit Masehi/Hijriah2001 M/1422 H
PenerbitDaar al Atho'Fan/KategoriSejarah
Download Kitab Tersedia di pukul 08:00 s/d 15:00 WIB Informasi buku tersebut dapat diperoleh di :

BULDANIYYAT  berisi pembahasan tentang perjuangan Imam As Sakhawi dalam mencari ilmu Hadits .
Nama lengkapnya adalah Abu al-Khair Muhammad bin Abdurrahman bin Muhammad bin Abi Bakr bin Usman asy-Syakhawi al-Qahiri asy-Syafi'i dan lahir sekitar tahun 1427 di Kairo. Kakeknya seorang miskin dan hidup dari berdagang barang tenunan secara kecil-kecilan. Meski serba kekurangan, namun tidak mengurangi semangat sang kakek untuk tetap beribadah kepada Allah SWT.

Sementara ayahnya yang bernama Abdurrahman adalah seorang pedagang kecil tetapi kuat ibadahnya. Dia kerap menghadiri majelis taklim dan punya hubungan luas dengan sejumlah ulama di wilayahnya. Di antara para ulama itu yakni Ibnu Hajar al-Asqalani, ahli hadis yang juga sejarawan terkemuka. Dari kakeknya, ayah dan Ibnu Hajar itulah, As-Shakawi memperoleh bekal ilmu pendidikan. Terutama Ibnu Hajar yang sangat mencintainya, dengan penuh kasih sayang senantiasa menurunkan ilmunya kepada sang murid.  Perjuangan beliau dalam mencara kesahihan hadits mengharuskan beliau unutuk mendatangi banyak negara dan daerah agar bisa bertemu dengan para ulama dan menuntut ilmu darinya. Hal tersebut ditulis secara detail dan tercatat sebanyak 80 negara yang beliau kunjungi. Kitab ini merupakan kitab yang luar biasa dan sangat menarik untuk dibaca, selain isi kandungannya yang istimewa, kitab juga ditulis sdengan gaya bahasa yang sederha serta disusun secara sistematis sehingga para santri atau pelajar dapat lebih mudah memahaminya.

Rihlah adalah salah satu tradisi ulama terdahulu dalam menuntut ilmu, hal itu merupakan bagian terpenting dalam tholabul ilmu agar bisa mendapatkan ilmu dari sumber yang sahih, terutama mengenai hadits. Rihlah dilakukukan melakukan perjalan jauh dan berpindah pindah tempat unuk mendatangi guru satu persatu untuk menimba ilmu kepadanya. Hal tersebut banyak dilakukan ulama terdahulu yang diantaranya adalah beliau Syaikh Syamsuddin as Sakhawi. Beliau merupakan ulama yang masyhur kealimannya, terutama dalam bidang ilmu hadits dan sejarah, dalam perjalan beliau menuntut ilmu, Syaikh Al Hafidz As Sakhawi melakukan rihlah dari satu tempat ke tempat yang lain demi menemkan sumber keilmuan yang sahih dan kitab ini merupakan catatan perjalan yang beliau yang ditulis secara lengkap.

Baik, itu tadi sekilas resensi dari kitab Buldaniyyat  As- Sakhowi yang bisa kami bagikan. Semoga apa yang sudah dibagikan dan sampaikan bisa bermanfaat.

 

IDENTITAS KITAB:
Judul Kitab   : Buldaniyyat (PDF)
Tebal             :  320 halaman (PDF)

 

Sumber: Kitab Islam Lengkap


Simak Video bermanfaat lainnya di kanal Youtube LADUNI.ID! Subscribe!