Kitab - Dasuqi 'Ala Ummil Barohin

Didownload setiap hari mulai pukul 08:00 s/d 15:00 WIB
ID Kitab74
PengarangSyaikh Muhammad Ad-Dasuqi (1230 H.)Tahun Terbit Masehi/Hijriah1870 M (S)/1290 H
PenerbitAl-mustafa (www.al-mustafa.com)Fan/KategoriHadist
Download Kitab Download Informasi buku tersebut dapat diperoleh di :

DASUQI 'ALA UMMIL BAROHIN karya Syaikh Muhammad Al-Dasuqi (1230 H.) atas Syarah Ummul Barahin karya Syaikh Muhammad ibn Yusuf as-Sanusi (w. 895 H.) yang merangkum ajaran aqidah menurut metode Abu Al-Hasan Al-Asy'ari.

Kitab ini merupakan sebuah hasyiyah (penjabaran) matan-nya yakni matan al-Aqidah as-Sanusiyah. Dalam kitab ini Syaikh ad-Dusuqi memberikan catatan atas teks-teks tertentu dalam Syarh Ummul Barahin. Dalam kitab ini dibahas berbagai isu dalam ilmu kalam.
Diuraikan juga argumentasi naqli dan aqli atas beberapa materi,dengan pembahasan yang sistematis dan luas, kitab ini layak dijadikan rujukan utama dalam pembahasan ilmu Tauhid Ahlus Sunnah Wal Jamaah dari kalangan Asyariyah,sebagai kitab Tauhid yang ditulis di masa awal kodifikasi keilmuan, kitab ini tidak disusun berdasarkan bab atau sub bab.
Karena itu untuk mempermudah pembaca menelaah isinya. Kitab ini memuat sekitar 276 halaman yang terdiri dari 16 topik utama, meliputi penejelasan makna puji dan syukur, sesuatu yang penting dilakukan bagi orang berakal, penjelasan hukum syariat dan pembagianya,  penjelasan hukum adat, perbedaan rasional dalam hal sebab-sebab adat, pembenaran masalah luka badan sebab gerak atau diam, hukum rasionalitas, penjelasan perkara yang wajib bagi mukallaf secara syara’, perbuatan dholim mustahil bagi Allah SWT, sifat-sifat wajib bagi Allah SWT, dalil-dalil sifat Allah SWT, sifat-sifat wajib bagi Allah SWT, sifat kemanusian yang boleh bagi para Nabi, pembicaraan tentang kalimat Tauhid, dan penjelasan 4 fashl tentang kalimat tauhid serta diawali dengan muqoddimah kitab dan penutup.

Syaikh Muhammad Al-Dasuqi, beliau merupakan seorang tokoh sufi yang sangat terkenal.
Dan beliau juga merupakan pendiri salah satu tarekat sufi bernama thoriqoh Dasuqiyah atau juga dikenal dengan thariqah Burhamiyyah.
Kitab Hasyiah Al-Dasuqi Ala Ummi al-Barahin adalah kitab penjelas atau kitab syarah (syarh) dari kitab ummi al-barahin karangan Imam Sanusi.
Dan kitab dasuki merupakan kitab yang ditulis oleh Syaikh Muhammad Al-Dasuqi.

Sedikit mengenal biografi Syaikh Muhammad Al-Dasuqi.
Beliau memiliki nama lengkap Ibrahim bin Abdul-Aziz Abul-Majdi atau lebih familiar dikenal dengan nama Ibrahim Ad Dasuqi.
Dan Syaikh Al-Dasuqi merupakan ulama wali qutub ke-4 dan yang terakhir setelah Syaikh Al Badawi, Syaikh Ar Rifai dan Syaikh Abdul Qadir Jailanai.
Beliau juga memiliki beberapa nama julukan, diantaranya adalah Abul Ainain, Syaikhul Islam dan Burhanul Millati Waddin.

Sebagai seorang ulama ternama, beliau meninggalkan banyak sekali kitab kitab kuning dibidang ilmu tauhid, fiqih dan tafsir.Dan yang paling terkenal adalah kitabnya yang berjudul Al Jawahir atau Al Haqaiq.
Syaikh Al Dasuki juga dikenel sebagai seorang tokoh tasawuf yang sangat luas keilmuannya.

Baik, itu tadi sekilas resensi dari kitab Hasyiyah Dasuki Ummul Barohin, yang bisa kami bagikan. Semoga apa yang sudah dibagikan dan sampaikan bisa bermanfaat.

 

IDENTITAS KITAB:
Judul Kitab : Dasuqi 'Ala Ummil Barohin (PDF)
Tebal           :  278 halaman (PDF)

Sumber : Kitab Islam Lengkap

 


Simak Video bermanfaat lainnya di kanal Youtube LADUNI.ID! Subscribe!