Artikel

 

Imam Muslim Mencium Kaki Imam Al-Bukhari

Imam Muslim, seorang ahli hadis yang paling terkenal di dunia Islam, pada saat bertemu gurunya Imam Al-Bukhari, tidak segan untuk mencium kening dan kakinya.

Biografi Tgk. Syeikh. H. Marhaban Adnan (Waled Bakongan)

Tgk. Syeikh. H. Marhaban Adnan (Waled) Ulama Nahdlatul Ulama dan pengasuh pesantren di Raudhatul Muna

Biografi KH. Yasin Yusuf

KH. Yasin Yusuf adalah ulama NU Blitar yang mendapat julukan singa podium

Memandu Shalat dengan Microfon Tanpa Mengikuti Shalatnya, Boleh atau Tidak?

Permasalahan mengeraskan suara bagi yang bukan imam sebenarnya sudah tuntas dibahas sejak jaman dulu.  Para Sahabat juga sudah melakukannya dan tidak dilarang oleh Kanjeng Nabi Muhammad SAW.

Kisah Imam Syafi’i: Masa Kecil, Menuntut Ilmu, Hingga Wafat

Imam Syafi’i merupakan pendiri mazhab Syafi’i yaitu mazhab fikih yang banyak pengikutnya. Imam Syafi’i adalah satu-satunya imam mazhab dari keturunan bani Muththalib yang nasabnya tersambung sampai Rasulullah SAW melalui Abdul Manaf.

Metode Imam Al-Bukhari dalam Mengaji Hadis

Menurut Syekh Al-Muhaddis Ahmad 'Umar Hasyim, setidaknya ada tiga metode yang digunakan Imam Al-Bukhari saat memulai untuk mengaji hadis

Wasiat Ibnu Jarir At-thabari

Abu Muhammad Al Farghani (salah seorang murid Ibnu Jarir) mengatakan Abu Bakr Ad-Dinawari berkisah bahwa ketika tiba waktu salat Dzuhur pada hari meninggalnya beliau yaitu hari senin, Ibnu Jarir memint air untuk memperbarui wudhunya.

Mengubah ‘Medan Pertempuran’ Persoalan Hidup

Dalam pertempuran di alam liar, seekor elang tidak akan melawan ular di tanah. Elang akan membawa ular tersebut terbang, sehingga ular tidak memiliki kekuatan dan menjadi lemah

Kerugian Orang yang Suka Menunda Bayar Hutang

Dalam islam, hutang tidaklah dilarang. Akan tetapi ada ketentuan-ketentuan yang memang harus diperhatikan, baik dari pihak penghutang maupun yang berhutang.

5 Tempat Terbaik untuk Dikunjungi di Sudan

Jika mendengar negara bernama Sudan, apa yang terlintas pertama kali dalam pikiran Anda? Mungkin Anda akan langsung teringat mengenai krisis kelaparan pada tahun 1998