Pesantren (Dayah) Nurul Yaqin Tengku Keramat, Aceh Selatan

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD MTS/SMP
MA/SMA Maly/Univ.
Tahfidz Laboratorium
Poli Kesehatan Koperasi
Pesantren (Dayah) Nurul Yaqin Tengku Keramat, Aceh Selatan

Profil
Dayah/Pesantren Nurul Yaqin Tengku Keramat merupakan salah satu pondok pesantren yang ada di Kabupaten Aceh Selatan. Adapun proses belajar mengajar di pesantren ini menggunakan kurikulum kombinasi muatan lokal dengan rujukan/referensi kitab kuning ulama klasik dan modern, Kementerian Pendidikan Nasional, dan Kementerian Agama Republik Indonesia.

Pesantren ini didirikan oleh Tengku Haji Muhammad Anwar Fahimy pada tanggal 14 Rabi’ul Awal 1402 H/6 April 1982 M. Terletak di Jl. Tengku Peulumat Desa Limau Saring, Kecamatan Labuhan Haji Timur, Kabupaten Aceh Selatan, Nanggroe Aceh Darussalam.

Pesantren Nurul Yaqin Tengku Keramat bernaung di bawah Yayasan Dayah/Pondok Pesantren Nurul Yaqin Tengku Keramat dengan Akta Notaris Nirwana Sofiani, S.H. Nomor 37 tanggal 29 Maret 2011 di bawah kepemimpinan Tengku Muhammad Suryadi Anwar, S.Ag.

Awalnya pesantren ini masih berupa bangunan sederhana, kemudian pada tahun 1985 mengalami perkembangan dengan dibangunnya Balai Pengajian berukuran 6x6 meter. Tahun 1988 membangun pagar keliling beton dan tahun 1989 telah membangun empat lokal permanen lantai dua gedung baru untuk tempat belajar santri putra. Tahun 1990 kembali melakukan perkembangan dengan membangun asrama putri semi permanen dua lantai yang bersebelahan dengan tempat tinggal pendiri dan rumah pimpinan sekarang. Tahun 1992 kembali melakukan perkembangan dengan membangun masjid sebagai tempat ibadah dan dakwah dzikir ukuran 20x20 meter dua lantai.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.