Pesantren Al Fachriyah Tangerang

 
Pesantren Al Fachriyah Tangerang

Profil

Pondok Pesantren Al Fachriyah merupakan Lembaga Pendidikan Syari’at Islam beraliran Ahlu Sunnah Wal Jama’ah yang berpegang teguh kepada Al Qur’an, Hadist Nabi Muhammad SAW, Ijmak, dan Qiyas, yang bermadzhab kepada Imam Syafi’i r.a. Dalam furu’ fiqih, Aqidah Al ‘As’ariyah, dan Thoriqoh Alawiyyah.

Tujuan pendidikan Pondok Pesantren Al Fachriyah adalah menyampaikan ilmu Syari’at Islam secara murni, benar dan jelas dengan menanamkan sifat kepedulian untuk menyampaikan apa yang telah dipelajari, kepada umat dengan jelas dan tepat. Hal yang paling utama dalam pengelolaan pondok pesantren adalah Keberkahan dari Allah SWT.

Kegiatan pendidikan Syari’at Agama Islam di Pondok Pesantren Al Fachriyah pun juga mencakup berbagai bidang diantaranya:

  1.     Ilmu Fiqih Madzhab Imam Syafi’i r.a.
  2.     Ilmu Aqidah
  3.     Ilmu Tasawuf
  4.     Ilmu Al Qur’an dan Tafsir Al Qur’an
  5.     Ilmu Hadits
  6.     Ilmu Mushtholahul Hadits
  7.     Ilmu Siroh/Sejarah Islam
  8.     Ilmu Bahasa Arab
  9.     Ilmu Nahwu dan Shorof

PROGRAM PESANTREN ALFACHRIYAH

VISI :

Memperbaiki kehancuran ummat, menghidupkan syariat yang telah banyak dirobohkan dan membangun generasi yang lebih baik, (Tajdiid).

MISI :

1.    Menamamkan sifat ta’dzim kepada agama dihati ummat.
2.    Menyebarluaskan dan menekuni ilmu pengetahuan secara umum dan ilmu pengetahuan Syari’at Islam secara khusus kepada ummat.
3.    Menghiasi diri setiap individu dari ummat dengan akhlaq Nabawiyyah, baik yang bersifat dzohir maupun bersifat batin.
4.    Membangkitkan di hati ummat semangat untuk membela agama dan Syariat Islam dan membangkitkan semangat mereka untuk mencurahkan segala perhatian kepada keadaan ummat.

Program Al Fachriyah :

   1.  Menyampaikan ilmu Syari’at Islam secara murni, benar dan jelas dengan menanamkan sifat kepedulian untuk menyampaikan apa yang telah dipelajari, kepada  umat dengan jelas dan tepat;
   2.  Mengkader para da’i dan pendakwah yang berdiri di atas prinsip Rahmatan Lil ‘alamin, kasih sayang, cinta kedamaian dan memiliki rasa cinta tanah air;
   3.  Mencetak ulama-ulama yang mumpuni dalam bidangnya dalam Manhaj Dakwah yang santun dan merangkul mengayomi sesama;
   4.  Melahirkan pendakwah-pendakwah ke daerah-daerah pelosok yang membutuhkan sehingga dapat berkontribusi membangun kesholehan dan mentalitas sumber daya manusia tanpa sekat sosial.

Sejarah
Bermula dari keteguhan dan semangat kedua orang tua kami, Al Walid Al Habib Novel bin Salim bin Jindan dan ibunda kami tercinta dalam berdakwah di jalan Allah. Siang malam tak kenal lelah. Sebagaimana kedua orang tua kami senantiasa mendampingi Kakek Kami yang juga berdakwah tanpa mengenal lelah Al Habib Muhammad bin Ali bin Abdurahman Al Habsyi Kwitang yang merupakan ayah dari ibunda kami tercinta.

Perhatian orang tua kami terhadap anak-anak yatim dan faqir miskin sangat besar, sebagaimana dahulu kakek kami Al Imam Al Habib Salim bin Ahmad bin Jindan rumah beliau selalu menjadi tempat penginapan para tamu, bahkan anak-anak yatim dan faqir miskin. Hingga beliau menamakan rumahnya dengan nama Qoshrul Wafidin (istana para tamu) dan juga beliau menyebut rumahnya sebagai Pos, yang tiada lain adalah posko kumpulnya banyak orang.

Dengan semangat inilah kedua orang tua kami membangun Yayasan Al Fachriyah diatas pondasi taqwa kepada Allah di atas sebidang tanah yang dihibahkan oleh seseorang ahli khoir yaitu Alm.Bapak Lurah H.Adung dan kemudian diwakafkan di jalan Allah. Pada tahun 1993 Yayasan Al Fachriyah dibuka dan diresmikan oleh para tokoh habaib, ulama dan pejabat, yang juga saat itu masih sempat dihadiri oleh kakek kami Al Habib Muhammad bin Ali bin Abdurahman Al Habsyi sebelum beberapa bulan dari wafatnya.

Sebagaimana dihadiri oleh Al Habib Muhammad Al Bagir bin Abdullah bin Salim Al Atthos dan Al Habib Ahmad bin Abdullah bin Hasan Al Atthos Asmaul Husna, Al Habib Muhammad bin Umar Maula Khailah,al Habib Abdullah bin Husain Asy Syami Al atthos dan masih banyak lagi dari ulama dan tokoh habaib lainnya. Dan mulailah banyak berdatangan murid-murid, anak yatim, faqir miskin yang tinggal di Al Fachriyah untuk dididik dan dibimbing ke jalan Allah.

Hingga dari sejak saat itu, bahkan dari sebelum berdiri Yayasan Al Fachriyah hingga saat ini sudah sangat banyak murid-murid yang lulus dan keluar masuk untuk dididik dan kemudian memberikan manfaat besar untuk umat. Kesemua ini tiada lain adalah karunia Allah yang sangat agung dan keberkahan dari Rasulullah Shallallahu alaihi wa aalihi wa shohbihi wa sallam.

Dan semoga Allah membalas dengan pahala yang berlipat ganda yang tiada terhingga dan terputus untuk setiap mereka yang memiliki andil untuk Al fachriyah ini. Nama Al Fachriyah yang berarti Kebanggaan diambil dari gelar kebesaran bagi kakek kami Sulthonul Awliya Fachril Wujud Asy Syeikh Abu Bakar bin Salim. Mudah-mudahan keberkahan beliau senantiasa tercurah untuk Al Fachriyah dan untuk setiap yang memiliki tali hubungan dengan Al Fachriyah. Amin.

Pendidikan

Unit Pendidikan
1. Pondok Pesantren AI Fachriyah menyelenggarakan 2 (dua) Program Pendidikan lImu Syari’at Islam, yaitu :
2. Program Menghafal Al Qur’an dan Program Halaqoh Ilmu Syari’at Islam.
3. Program Menghafal Al Qur’an dalam jangka waktu 3-4 tahun dengan pembelajaran tajwid dan qowaid membaca Al Qur’an lainnya dengan sanad yang sambung menyambung kepada para Qurra’ hingga bersambung kepada Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam. 
4. Program Halaqoh lImu Syari’at Islam, yaitu Madrasah lbtidaiyah dan Madrasah Tsanawiyah

Kegiatan pendidikan Syariat Agama Islam di Pondok Pesantren AI Fachriyah mencakup:
1. Ilmu Fiqih Madzhab Imam Syafi’l r.a.
2. Ilmu Aqidah
3. Ilmu Tasawuf
4. Ilmu AI Qur’an dan Tafsir AI Qur’an
5. Ilmu Hadist
6. llmu Mustholahul Hadist
7. llmu Siroh/sejarah Islam
8. llmu Bahasa Arab
9. Ilmu Nahwu dan Shorof

Ekstrakurikuler

Seni baca Al-Qur'an, marawis atau hadrah, baca kitab kuning, pidato, pramuka, komputer, bahasa asing, kaligrafi, silat, basket, voli, sepakbola, marching band, pengembangan jurnalistik dan publisistik, pengembangan Exacta (Lab Skill), Ketrampilan, Wirausaha

Fasilitas

Masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamarmandi/wc, klinik kesehatan.

Alamat

Jalan Prof Dr Hamka, Kp Gaga Masjid, Rt 004/001 No.1 Kel.Larangan Selatan kec.Larangan Kota Tangerang, Banten
Kode Pos: 15154

Email: admin@alfachriyah.org
          yayasan.alfachriyah@gmail.com
Telepon: (021) 7326416
             0898-5446-338
             0812-9938-7914
Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran silahkan hubungi https://www.alfachriyah.org

 

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.



 

 

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.