Pesantren Modern Nurul Amin, Kubu Raya Kalbar

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD1 MTS/SMP1
MA/SMA2 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium1
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Modern Nurul Amin, Kubu Raya Kalbar

Profil

Sejarah berdirinya pondok pesantren Nurul Amin berangkat dari Lembaga Kursus bahasa Asing ( Arab, Inggris ) dan kesadaran masyarakat akan arti pentingya pendidikan agama bagi kehidupan, guna mencapai kesejahteraan hidup didunia dan akhirat. Saat itu penyelenggaraan  pendidikan formal baru Madrasah Ibtidaiyah. Namun keberadaan Madrasah tersebut di anggap belum cukup untuk dijadikan sarana pembinaan keagamaan.

Untuk menarik perhatian dan simpati masyarakat  KH. Nasiruddin, S.Sos.I, M.S.I membuka Lembaga Kursus Bahasa Asing agar lembaganya lebih berkembang, sehingga dari anggota kursus tersebut ada yang mau nyantri maka berdirilah Pondok Pesantren NURUL AMIN. Berkat kepedulian dan dukungan dari masyarakat pimpinan melanjutkan membuka pendidikan formal mulai dari tingkat atas mulai dari MA, MTs, MI, RA, dan PAUD sampai saat ini.

 Lembaga Pendidikan  Agama Islam Nurul Amin mengunakan manajemen Pondok Modern. Dalam sistem manajemen kepemimpinan Pondok pesantren sepenuhnya menyerahkan kepada pimpinan sekolah dalam pengelolaanya. Maksudnya pimpinan sekolah/madrasah memiliki Hak otonom untuk mengelola lembaga yang di pimpinnya.

Kepengurusan Pondok Pesantren Nurul Amin saat ini di naungi oleh Lembaga Pendidikan Islam Pendidikan Nurul Amin yang diketuai; H. Murad, pengurus operasionalnya lembaga mengangkat satu pimpinan yakni; Pimpinan : K.H. Nasiruddin, S.Sos., M.S.I Pembantu Pim 1 : Ust. Bahauddin, S.Pd.I. Pembantu Pim 2 : Ust. Muhamad Hasan. S.Sos.I. serta pembantu harian yang lain dalam strutur pondok pesantren Nurul Amin.

Sejarah
Pondok Pesantren Modern Nurul Amin berdiri sejak kepulangan sosok pemuda yang kreatif dan aktif dalam mensyiarkan agama Allah dari mimbar ke mimbar di Pontianak dan juga merupakan dosen di sebuah beberapa perguruan tinggi STAIN Pontianak yang sekarang sudah beralih status menjadi IAIN Pontianak dan beberapa perguruan tiggi lainnya yang ada di Kota Pontianak. Setelah beberapa tahun berkiprah diluar lalu beliau memiliki pemikiran untuk membangun kampung halamannya.

Tepatnya di Parit Semangat Baru RT/RW 003/002 Desa Kubu Padi Kec. Kuala Mandor B adalah merupakan tempat lahirnya dan dibesarkannya beliau oleh ayahanda dan ibaundanya tercinta Bpk H. Murat dan Ibu Hj. Dauna. Mengawali karirnya untuk mengembangkan kampung halamannya pada tahun 2009 pada mulanya memang sudah ada Lembaga Pendidikan Islam yaitu Madrasah Ibtidaiyah kemudian beliau kembangkan.

Setelah beberapa bulan beliau memainkan ide-ide cemerlangnya yaitu beliau sudah mulai memiliki inisiatif ingin mendirikan Madrasah Aliyah setelah beberapa bulan keinginannyapun terwujutkan. Setetelah resmi mendirikan Madrasah Aliyah beliau tidak puas dengan usahanya itu lalu ingin mendirika Pondok Pesantren denga cara beliau membangun sebuah penginapan siswa/i bagi siswa yang datang dari kampung sebelah.

Setelah itu timbul lagi ide berliannya karena beliau mampu mengusai 2 (dua) bahasa dan Tilawah maka beliau membuka kursus bahasa, yaitu Bahasa Arab, Bahasa dan Inggris serta kursus Tilawah, setelah beberapa bulan kursus tersebut sosok pemuda ini tidak merasa puas, karena kasihan melihat siswanya harus nginap selama 3 (tiga) malam kemudian pulang lagi, maka beliau mendirikan Pondok Pesantren pada akhir tahun 2009 dengan santri yang berjumlah 4 (empat) orang (Si To, Si Mal, Si, Man dan Si Yan). Hanya menempuh beberapa bulan saja sesok pemuda ini mampu mendiirikan Madrasah Aliyah dan Pondok Pesantren dan Sosok Pemuda ini adalah KH. Nasiruddin, M.SI.
Pendiri
KH. Nasiruddin, M.SI
Pengasuh
KH. Nasiruddin, M.SI

Pendidikan

Pendidikan Formal: 
1. PAUD/TK
2. Madrasah Ibtidaiyah
3. Madrasah Tsanawiyah
4. Madrasah Aliyah
5. SMK
Pendidikan Informal: 
1. Madrasah Diniah
2. Tahfidz Alqur'an

Ekstrakurikuler

Pesantren Nurul Amin memiliki ekstrakurikuler sebagai berikut:
1. Seni baca Al Qur’an
2. Kajian kitab Kuning
3. Kaligrafi
4. Praktek mengajar
5. Bahtsul Masa’il Diniyah
6. Mading (majalah dinding)
7. Training Khitobah
8. Jum’at bersih
9. Olahraga
10. Bimbingan Pelajaran umum
11. Kursus komputer
12. Bahasa asing arab dan inggris
13. Pramuka
14. PMR
15. Silat
16. Tata boga
17. Tata busana
18. Seni qasidah
19. lLatihan pidato
20 .Elektro
21. Berjanzi
22. Ketrampilan sesuai kompetensi.

Hadrah di pesantren Nurul Amin

Pramuka di pesantren Nurul Amin

Fasilitas

Pesantren Nurul Amin memiliki fasilitas sebagai berikut: 
1. Masjid
2. Asrama santri putera
3. Asrama santri puteri
4. Kantor
5. Asrama pengasuh
6. Dapur
7. Gedung sekolah
8. Lapangan
9. Koperasi santri
10. Perpustakaan
11. Laboratorium komputer
12. Laboratorium bahasa
13. Gudang
14. Kamarmandi/WC
15. Klinik kesehatan.

Masjid di pesantren Nurul Amin

Gedung pesantren di pesantren Nurul Amin

Alamat

Jl. Parit Semangat Baru Desa Kubu Padi Kec. Kuala Mandor B,  78393,  Kab. Kubu Raya - Kalimantan Barat
Telepon: 0852-5202-0677, 0856-5100-6445


Untuk informasi lebih lanjut dan mengenai pendaftaran silahkan hubungi melalui Website ini:  Pesantren Nurul Amin Kuburaya

 

 

 

KUNJUNGI JUGA


Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

 

 

 

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.