Pesantren Mambaul Huda Kaliabu, Salaman, Magelang

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD1 MTS/SMP1
MA/SMA1 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium1
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Mambaul Huda Kaliabu, Salaman, Magelang

Profil
Pondok Pesantren Mamba’ul Huda ini di dirikan pada tahun 1959 oleh Almarhum KH. Muhsonudin. Beliau menjadi Pengasuh di Pondok Pesantren Mamba’ul Huda sekaligus Yayasan Mamba’ul Huda kurang lebih selama 45 tahun dengan jumlah santri yang terhitung ratusan dari berbagai daerah di Jawa maupun di luar Jawa dan beliau wafat pada tahun 1995, setelah beliau wafat sempat terjadi kevakuman, dimana pada saat itu belum ada penerus/pengganti beliau sehingga mengakibatkan santri–santri pulang ke desa masing–masing.

Pada tahun 2000 salah satu putra dari almarhum KH. Muhsonudin yang bernama Kyai Muhammad Aminudin akhirnya dapat melanjutkan perjuangan ayahnya, Kyai Muhammad Aminudin menjadi pengasuh dari tahun 2000 sampai sekarang, dengan jumlah santri yang setiap tahunnya meningkat dari puluhan hingga sekarang menjadi ratusan dan targetnya nanti bisa mencapai ribuan jika fasilitas pondok juga semakin meningkat.

Pondok Pesantren Mamba’ul Huda juga menyediakan pendidikan umum dari tingkat SD hingga SMK, dengan jarak sekolah yang sangat dekat yang hanya di lingkungan pondok, sehingga mempermudah santri untuk berangkat sekolah dan melaksanakan kegiatan belajar. Adapun bagi santri yang tidak sekolah juga ada kegiatan di pagi hari layaknya jam sekolah, yaitu seperti koprasi, pertukangan, perbengkelan, peternakan, perikanan dan pembangunan.

Dengan adanya kegiatan tersebut, santri  tidak hanya pandai mengaji, tapi juga mendapatkan pelajaran khusus tentang kemandirian dan kewirausahaan, sehingga nanti ketika santri pulang dari pondok dengan membawa bekal ilmu akhirat dan ilmu duniawi.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya