Kiai Ma’ruf Pantas Dampingi Jokowi

 
Kiai Ma’ruf Pantas Dampingi Jokowi

JAKARTA – Meski pendaftaran untuk menjadi bakal calon presiden dan bakal calon wakil presiden Republik Indonesia dalam Pilpres 2019 belum di buka. Namun, teka-teki siapa bakal calon wakil presiden yang akan digandeng oleh Joko Widodo (Jokowi) mulai terkuak.

Salah satunya adalah Rais Aam PBNU yang juga Ketua Umum MUI KH  Ma’ruf Amin. Kiai Ma’ruf demikian sapaan akrabnya dinilai pantas mendampingi Jokowi lantaran keilmuan dan ketokohannya. Selain itu, menurut hasil survey LSI Denny JA, pada Juli 2018 KH. Ma’ruf Amin adalah Cawapres dengan elektabilitas tertinggi dari Pemuka Agama. 

Dalam survey tersebut, Kiai Ma’ruf mendapatkan 20, 0 % dibandingkan dengan tokoh yang lain seperti Din Syamsuddin (Tokoh Muhamadiyah) 17,2 % Tuan guru Bajang (Gubernur NTB) 12, 3 % dan Mahfud MD (Mantan Ketua MK) 9,5 % sedangkan sisanya tokoh lain 22,7 %.    

Sebelumnya, Jokowi mengaku telah memutuskan orang yang akan melangkah bersamanya di Pilpres 2019. Hal itu disampaikannya seusai menghadiri rembuk nasional aktivis 98 di Jiexpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (7/7/2018) sore. "Sudah ada (nama cawapres), tinggal diumumkan," ujar Jokowi

Namun, ia enggan menyebutkan siapa nama cawapres tersebut. Jokowi memilih akan mengumumkannya di lain waktu. Menurut Jokowi, itu akan diumumkan dalam beberapa hari ke depan. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu meminta awak media dan publik agar bersabar.
"Pada saat yang tepat nanti, kita akan umumkan nunggu hanya beberapa hari masa enggak sabar," ucapnya. (hud)

 

 

Tags