Sebentar Lagi, Manusia Bisa Terbang dengan Alat Ini

 
Sebentar Lagi, Manusia Bisa Terbang dengan Alat Ini

Manusia terus mengembangkan teknologi untuk mewujudkan obsesinya bisa terbang, hingga teknologi untuk manusia bisa terbang saat ini terus berkembang, kecanggihannya sangatlah memukau. Sesuatu yang mungkin kita hanya bisa melihatnya di dunia film fiksi belaka. Namun saat ini hal tersebut mampu diralisasikan. Layaknya Green Goblin pada serial Spiderman yang mampu terbang meggunakan alat khusus, yaitu sebuah papan selancar untuk mampu melesat di udara.

Zapata Racing, produsen teknologi alat terbang ini menamakan Flyboard Air, diklaim memiliki kemampuan terbang hingga ketinggian 3.000 meter di atas permukaan air dengan kecepatan hingga 150 km per jam. Kecepatan ini telah mampu menembus rekor teknologi sebelumnya. Flyboard Air ini mampu terbang sejauh 2.252 meter sementara rekor terakhir diraih oleh Catalin Alexandru Duru yang terbang sejauh 275.9 meter saja.

Aksi terbang ini dilakukan oleh Franky Zapata selaku pemilik dari Zapata Racing dengan terbang di ketinggian 50 meter di atas lautan di Perancis, tepatnya bermulai dari pesisir pantai Saus Set-Les Pins bulan April lalu. Meski memang Zapata pun mengaku gugup saat melakukan percobaan tersebut, karena memang ada sedikit perbedaan dari Flyboard pada umumnya.

Teknologi Flyboard ini sudah tidak menggunakan selang, dengan begitu Flyboard bisa terbang bebas dengan mengandalkan turbin jet yang kuat sehingga mampu menopang beban tubuh untuk bisa terbang dan dikendalikan. Hanya memang dibuat lebih simple tanpa adanya body yang menutupi layaknya pesawat.

Hingga saat ini Flyboard masih terus dikembangkan karena itu belum bisa dipasarkan untuk saat ini, masih sejenis prototype dan belum dilakukan uji secara khusus. Teknologi untuk terbang dengan versi ini baru saja ditemukan pada saat ini, meski memang penggunaannya merupakan pengembangan dari tekologi yang sudah ada, yaitu turbin jet yang digunakan di pesawat yang disebut Independent Propulsion Unit membuat Flyboard Air. Sementara untuk bahan bakar menggunakan bahan bakar minyak yang akan dipikul di punggung pengendaranya.

Banyak sekali netizen yang mengunjungi halaman resmi dari Zapata Racing dan ingin mencicipi teknologi tersebut, akan tetapi Zapata menegaskan papan terbang canggih ini belum siap untuk di uji coba secara masal. Dan jika pun sudah tersedia, pengguna harus melalui training atau pelatihan terlebih dahulu, karena akan sulit dan bisa berbahaya bagi para pemula.

Belum bisa dipastikan kapan uji coba khusus untuk peluncuran produk tersebut dilakukan, karena memang hingga diuji terbang, perusahaan sudah menjalani proses pembuatan yang cukup panjang denfan proses pembuatan Flyboard Air selama 4 tahun.

Konsumen perangkat ini harus bersabar beberapa waktu lagi untuk mencicipi teknologi yang mungkin bisa menggantikan sepeda motor di jalanan, walaupun kemungkinan besar akan dirilis dengan banderol harga yang cukup mahal bagi masyarakat umum.

Simak videonya di sini:

https://youtu.be/rNKRxsNyOho