NU Imbau Infak Jumatan 17 Agustus Disumbangkan Untuk Korban Gempa Lombok 

 
NU Imbau Infak Jumatan 17 Agustus Disumbangkan Untuk Korban Gempa Lombok 

LADUNI,ID-Jawa Timur-Gempa Dahsyat meluluhlantakkan wilayah Lombok dan Bali. Gempa tersebut sudah membuat ratusan orang meninggal dan ribuan orang luka-luka serta juga menyebabkan bangunan roboh dan rusak berat. 

Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur KH Marzuqi Mustamar, mengimbau kepada warga Nahdliyin agar prolehan infaq masjid pada Sholat Jumat (17/8/2018) didonasikan kepada korban gempa Lombok, NTB. Setelah infaq terkumpul hasilnya diserahkan ke Tim NU Peduli Lombok, yang akan dikirim ke lokasi bencana.

“Caranya, agar jamaah Jumatan diimbau memberi donasi dan diberikan kepada PCNU dan diserahkan kepada PWNU Jawa Timur,” kata Kiai Marzuqi Mustamar, Senin (13/8/2018.

Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur, pada Kamis 9 Agustus lalu sudah mengirimkan sejumlah bantuan berupa pakaian, makanan, dan obat obatan, serta tenaga medis maupun relawan, untuk membantu korban bencana Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). KH Marzuqi Mustamar, Ketua PWNU Jatim, menjelaskan, Tim diberangkatkan sebanyak 30 orang. Tim serta bantuan yang dikirimkan ditargetkan akan berada di Lombok selama kurang lebih satu bulan.

Menurut Kiai Marzuqi pengiriman bantuan dan relawan ini, sebagai salah satu pengamalan nilai kebangsaan. Kemudian, hal itu merupakan pengamalan nilai keimanan, serta nilai kemanusiaan, sebagaimana yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW.

Menurut Kiai Marzuqi Mustamar, Nilai bantuannya memang tidak seberapa bila dibandingkan dengan korban yang menimpa masyarakat di Lombok. Namun diakuinya, sebagai sesama anak bangsa, memiliki satu rasa, satu hati, satu pikiran, dan menurutnya harus seperti itu. Sehingga, dimanapun bagian bangsa ini ada yang sakit maka, yang lain juga ikut merasakan sakit. Apalagi dalam ajaran Islam, Al-Quran, keislaman keimanan seseorang itu antara lain diukur dengan seberapa jauh kita peduli dengan muslim yang lain bahkan dengan umat yang lain meskipun mungkin non-muslim.

“inilah kepedulian kita dan kita memang baru terpilih baru bisa berbuat sekarang ini,” ucarnya 

Sekadar diketahui hingga hari minggu (12/08/18) Bantuan dari PWNU JATIM berupa Bahan Pokok Makanan, Sarung, Selimut, Air Mineral, Tikar, dan Terpal sudah terdistribusi tepat ke sasaran yang membutuhkan. Sasaran tersebut tersebar di 16 titik desa yang ada di Lombok Utara, Lombok Barat, dan Lombok Timur.

Adapun dusun atau desa yang mendapat bantuan dari PWNU JATIM, adalah sebagai berikut:
1. Dusun lekok, desa gondang, kec. Gangga, Kab. Lombok Utara.
2. Dusun Jeruju, Desa Mumbul Sari, Kabupaten Lombok Utara.
3. Desa Lingsar, Kec. Lingsar, Kabupaten Lombok Barat.
4. Desa Batu Layar, kec. Baru Layar, Kabupaten Lombok Barat
5. Desa Sentong, Kec. Kayangan, Kabupaten Lombok Barat.
6. Desa Selat, kec. Narmada, Kabupaten Lombok Barat.
7. Desa Tegal, Kec. Lingsar, Kabupaten Lombok Barat.
8. Desa Langko, kec. Lingsar, Kabupaten Lombok Barat.
9. Desa Teniga, Kec. Tanjung, Kabupaten Lombok Barat.
10. Desa Karang Puluh, Kec. Cakra Negara, Kodya Mataram.
11. Dusun Teluk Nare, Ds. Malaka, kec. Pemenang, Kabupaten Lombok Utara.
12. Dusun Medas, Ds. Obel-obel, kec. Sambelia, Kabupaten Lombok Timur.
13. Dusun Bawaknao, desa Sajang, Kec. Sembalun, Kabupaten Lombok Timur.
14. Dusun Montong Tangar, Desa Batukumbung, Kec. Lingsar, Kabupaten Lombok Barat.
15. Dusun Terengan Lauq, desa Pemenang, kec. Pemenang, Kabupaten Lombok Utara.
16. Dusun Monggal, desa Genggelang, kec. Gangga, Kabupaten Lombok Utara.

Selain itu sejak kemarin sore sudah berdiri Dapur Umum yang menyediakan makanan siap saji dengan kapasitas 2.000 bungkus setiap harinya. Dapur Umum tersebut berada di dusun Rangsot Barat, desa Sigar Penjalin, Kec. Tanjung, Kabupaten Lombok Utara.