Pernyataan Sikap PCNU Kota Probolinggo tentang Kostum Cadar dan Replika Senjata Karnaval TK

 
Pernyataan Sikap PCNU Kota Probolinggo tentang Kostum Cadar dan Replika Senjata Karnaval TK

Menyikapi penggunaan kostum bercadar dengan membawa replika laras panjang dari salah satu peserta Pawai Budaya tingkat TK se-Kota Probolinggo dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun RI ke-73 dengan tema Bhinneka Tunggal Ika pada Hari Sabtu, 18 agustus 2018 Pkl. 07.00 s/d 11.00 WIB di Kota Probolinggo, telah didapat klarifikasi sebagai berikut:

1. Bahwa penggunaan kostum tersebut beralasan memanfaatkan properti yang tersedia di sekolah secara gratis.
2. Penggunaan kostum juga disesuaikan dengan tema yang diusung  oleh TK Kartika V Probolinggo dibawah pimpinan Ibu Hartatik, yakni “bersama  perjuangan Rosululloh kita tingkatkan keimanan dan keimanan kepada Allah SWT”.

Mencermati hal tersebut, maka Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kota Probolinggo menyampaikan hal-hal berikut:
1. Mengapresiasi pihak Pemerintah Kota Probolinggo melalui Kepala Dinas Pendidikan, Kapolresta Probolinggo serta Dandim 0820/Probolinggo yang dengan cepat melakukan koordinasi setelah mendapat laporan dari elemen pengurus Ansor, Jaringan Gus Dur ian, IPNU dan GMNI.

2. Bahwa penggunaan kostum bercadar dengan membawa replika laras panjang sebagai representasi simbol dari perjuangan Rasulullah dan peningkatan keimanan, merupakan pemahaman kurang tepat tentang dakwah dan perjuangan Nabi. Dari fenomena ini, seolah perjuangan Rasulullah hanya berkisar pada ujung pedang dan senjata.

3. Bahwa penting untuk menanamkan pemahaman keagamaan terutama di kalangan pendidik (guru, ustadz) dari semua tingkatan lembaga pendidikan (TK, SD, SLTP, SLTA) di Kota Probolinggo tentang manhaj Dakwah Rasulullah dan Islam rahmah yang nantinya ditransformasikan bagi seluruh peserta didik sebagai generasi penerus NKRI.

Demikian pernyataan ini dibuat, semoga ikhtiar semua pihak mendapat Ridlo Allah SWT.

Wallaahul Muwaffiq Ilaa Aqwamith Tharieq.
Wassalaamu’alaikum Wr. Wb.


Probolinggo, 06 Dzulhijjah 1489 H / 18 Agustus 2018  M


Rais            :   KH. Abdul Aziz Fadlol                             
Katib           :   Ky. Muhtarom                        
Ketua          :   H. Samsur, S.Ag, M.PdI                                     
Sekretaris    :   H. Moh. Ilyas Rolis, M.Si