Pesantren Al-Riyadl Cipanas Cianjur

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD1 MTS/SMP1
MA/SMA1 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium2
Poli Kesehatan1 Koperasi0
Pesantren Al-Riyadl Cipanas Cianjur
Sumber Gambar: Foto istimewa

PROFIL

Pondok Pesantren Al-Riyadl yang berada di Kampung Loji Cipanas didirikan oleh KH. Enoh Muqodas, atau yang biasa dipanggil oleh masyarakat sekitar dengan nama Abuya. Semula tepatnya pada tahun 1971, pesantren ini bernama Al-Munna. Namun, setelah Abuya melakukan ibadah haji, Abuya berkeinginan untuk mendirikan pesantren dengan nama Al-Riyadl.

Pada awal bedirinya, Ponpes Al-Riyadl merupakan Ponpes salafi murni, yang hanya mengadakan pengajian kitab kuning dengan metode sorogan, balagan, dan wetonan. Namun, sesuai dengan perkembangan zaman, pada tahun 1999 tepatnya setelah Abuya wafat, para anak-anaknya, beserta saudara yang lain dari keluarga besar Abah H Syafe’I sepakat untuk mendirikan pesantren yang berbasis sekolah, pesantren terpadu.

Tepatnya pada tahun 2000 kita mendirikan Madrasah Tsanawiyah, kemudian pada tahun 2003 mendirikan Madrasah Aliyah. Upaya yang dilakukan para penerus Abuya dan keluarga besar H Syafe’I rupanya berbuahkan hasil. Itu semua dapat dilihat dari tingginya minat masyarakat untuk memasukan putra-putrinya ke Ponpes Al-Riyadl. Dalam melaksanakan pembelajarannya, meski terus mengikuti perkembangan zaman, Ponpes Al-riyadl tetap tidak meninggalkan tradisi lama yakni salafi murni.

Saat ini, jumlah santri putra dan putri yang mondok mencapai kurang lebih 400 orang. Bahkan Al-Riyadl terus mengalami perkembangan yang signifikan. Bahkan, saat ini Al-Riyadl juga bekerjasama dengan Perguruan Tinggi di Cianjur yakni STISNU untuk menyelengarakan perkuliahan.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.