Biografi Sayyid Basri bin Ubaidillah bin Ahmad Al-Muhajir

 
Biografi Sayyid Basri bin Ubaidillah bin Ahmad Al-Muhajir

Daftar Isi

1         Riwayat Hidup dan Keluarga
1.1       Lahir
1.2       Riwayat Keluarga
1.3       Nasab
1.4       Wafat

2         Sanad Ilmu dan Pendidikan Beliau
2.1       Masa Menuntut Ilmu

3         Perjalanan Hidup dan Dakwah
4         Referensi

 

1.  Riwayat Hidup dan Keluarga

1.1 Lahir
Sayyid Basri Lahir di Kota Basrah, Iraq. Beliau diberi nama Basri dikarenakan berkaitan dengan tempat lahir beliau dilahirkan. Ayah beliau adalah Sayyid Ubaidillah bin Ahmad Al-Muhajir bin Isa Ar-Rumi dan dan ibu beliau bernama Ummul Banin binti Muhammad.

Beliaulah Al Imam Al Humam, Sayyidul Anam, Asy Syariful Afif, Al Muthohharul Munif Basri bin Abdullah bin Ahmad bin Isa, Beliau adalah Saudara kandung Imam Alwy,Ibu Mereka adalah puteri Sayyid Syeikh Muhammad bin Isa atau yang dikenal dengan Ummul Banin.

1.2 Riwayat Keluarga
Di antara keturunannya yang terkenal adalah Syeikhul Kabir Al Qudwah Al Alim An Nahrir Salim bin Basri, sosok yang memiliki kedudukan dan kepribadian yang tinggi juga kekeramatan yang luar biasa.

1.3 Nasab

  1. Nabi Muhammad Rasulullah SAW
  2. Sayyidah Fatimah Az-Zahra Istri Sayyidina Ali bin Abi Thalib
  3. Al- Imam Husein
  4. Al-Imam Ali Zainal Abidin
  5. Al-Imam Muhammad Al-Baqir
  6. Al-Imam Ja’far Shodiq
  7. Al-Imam Ali Uraidhy
  8. Al-Imam Muhammad An-Naqib
  9. Al-Imam Isa Ar-Rumi
  10. Al-Imam Ahmad Al-Muhajir
  11. Sayyid Ubaidillah
  12. Sayyid Basri

1.4 Wafat
Beliau wafat sekitar tahun 430 H dan dimakamkan di desa Sumal sama seperti kedua Saudaranya, sampai sekarang belum bisa ditetapkan secara pasti tanggal wafatnya Mereka, ada yang mengatakan bahwa Beliau pindah ke daerah Bait Jubair, keturunan Bani Basri punah pada permulaan abad keenam.

2. Sanad Ilmu dan Pendidikan Beliau

2.1 Masa Menuntut Ilmu
Beliau menuntut ilmu dari Ayah beliau Sayyid Ubaidillah bin Ahmad Al-Muhajir bin Isa Ar-Rumi. Beliau mengikuti jejak sang ayah, rajin mempelajari berbagai ilmu disertai dengan sifat wara’ yang luar biasa dan selalu menjauhi kepemimpinan, Beliau termasuk sosok yang berbudi luhur yang baik.

3. Perjalanan Hidup dan Dakwah

Sayyid Basri bin Ubaidillah bin Ahmad Al-Muhajir mewarisi sifat-sifat kebaikan dari ayah beliau. Beliau adalah seorang yang alim dalam berbagai cabang ilmu dan dan merupakan salah satu imam besar di jamannya. Disamping kedalaman ilmunya, beliau adalah seorang yang banyak bermujahadah. Beliau banyak mengerjakan shalat dan berpuasa, bersedekah, selalu beribadah di sepanjang malamnya, berbuat baik dan lemah lembut kepada kaum fakir dan miskin, teguh dalam menjalankan perintah agama, mempunyai kemuliaan yang sempurna, syekhnya kaum arifin, seorang faqih yang zuhud.

Beliau adalah seorang yang sempurna memadukan kemuliaan diri dan nasab. Keutamaan-keutamaan beliau terukir di berbagai lembaran tulisan. Banyak para ulama dan ahli sejarah yang memuji dan mengagungkan beliau.

Beliau memiliki banyak keturunan yang terkenal dengan keilmuan Mereka yang luas, berjiwa mulia dan lapang, sumber rahasia ilmu dan akhlak,tempat kesalehan, ilmu dan kejujuran di samping keadaan yang luar biasa, Mereka memiliki dua tempat di kota Tarim, satu di dekat masjid Al Aydrus dan yang satu lagi di dekat masjid Al-Habudzi.

Di antara keturunannya yang terkenal adalah Syeikhul Kabir Al Qudwah Al Alim An Nahrir Salim bin Basri, sosok yang memiliki kedudukan dan kepribadian yang tinggi juga kekeramatan yang luar biasa.

4. Referensi

Disarikan dari Syarh Al-Ainiyyah, Nadzm Sayyidina Al-Habib Al-Qutub Abdullah bin Alwi Al-Haddad Ba’alawy, karya Al-Allamah Al-Habib Ahmad bin Zain Al-Habsyi Ba’alawy dan Bahrus Shofa

 

Lokasi Terkait Beliau

    Belum ada lokasi untuk sekarang

List Lokasi Lainnya