Cleona Einar Maulidiva Siswi MI Ma'arif NU, Sabet Tiga Medali di HKIMO

 
Cleona Einar Maulidiva Siswi MI Ma'arif NU, Sabet Tiga Medali di HKIMO

LADUNI.ID, Jakarta - Siswa madrasah kembali berprestasi di kancah olimpiade internasional. Sejumlah siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) di Jawa Timur menyabet medali emas pada ajang Hongkong Internasional Matematic Olimpiade (HKIMO) Internasional tahun 2018 di Hongkong.

Gelaran yang diselenggarakan HKIMO tahun 2018 berlangsung di Workers’ Children Secondary School Hong Kong, 31 Agustus – 3 September 2018 lalu.

Cleona Einar Maulidiva salah satu siswi kelas 2 Madrasah Ibtidaiyah (MI) Maarif NU Pucang Sidoarjo ini menyita perhatian dunia.  Cleona mampu menyelesaikan soal Matematika dalam Bahasa Inggris dalam Olimpiade dengan meraih nilai terbaik dari semua jenjang sekolah yang dilombakan.

Siswi MI Ma’arif NU ini mampu menyabet tiga penghargaan sekaligus, tiga penghargaan yang diraih Cleona adalah medali emas, World Star Trophy, dan Ticket Free Easy Final HKIMO 2019 (tahun depan Gratis biaya Final HKIMO).

Cleona mengaku sudah terbiasa dengan soal matematika internasional, “Saat di Hongkong, ada 30 soal. Mudah kok,” ucap Cleona yang juga jago Bahasa Inggris.

Soal-soal Olimpiade itu berupa Logical Thinking, Aritmatics, Number of Theory, dan Combinatoric Geometry. Masing-masing 10 soal.  Semua soal harus dikerjakan dalam waktu 90 menit.

Ada sekitar 1.000 peserta dari seluruh dunia, di antaranya dari Hong Kong, Bulgaria, Kryizigtan, Macau, Tiongkok, Ukraina, Australia, Iran, Vietnam, Singapura, Taiwan, Thailand, Malaysia, dan sebagainya.

(hilma/srf)