Kemenhub Temui Telkom Bicarakan Aplikasi Saingan Go-Jek

 
Kemenhub Temui Telkom Bicarakan Aplikasi Saingan Go-Jek

LADUNI.ID, Jakarta – Sore ini Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bertemu dengan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. Keduanya akan membahas rencana pembuatan aplikasi transportasi online saingan Go-Jek dan Grab.

Menurut Direktur Angkutan dan Multimoda Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub, Ahmad Yani mengatakan, alasan pemerintah menggandeng Telkom karena perusahaan pelat merah tersebut memiliki pengalaman di bidang itu. Dengan begitu, Telkom dirasa mampu membuat aplikasi.

"Hari ini nanti sore kita akan ketemu sama Telkom. Mereka kan juga mau tahu seperti apa dan bagaimana. Telkom juga memang sudah ada job di situ buat aplikasi pembayaran dan tidak tunai, mereka punya semua jadi kita nanti diskusi," jelas Ahmad, seperti dilansir dari detikFinance, Sabtu (15/9/2018).

Dalam pertemuan tersebut pihaknya juga akan membahas terkait sistem manajemen, waktu pembuatan aplikasi hingga cara menjaring mitra nantinya. Selain itu, Ahmad juga menjelaskan pemerintah tak menutup kemungkinan bila mana perusahaan swasta berminat untuk membangun aplikasi tersebut bila mana ada penawaran yang lebih baik ke depannya.

"Kan kita perlu menjajaki seperti apa, bersedia atau nggak, kalau oke mau berapa lama persiapan, sistem dan lain-lain. Nanti juga kalau ada yang berminat (perusahaan swasta) kita diskusi dulu, Pak Menteri akan akomodir yang memungkinkan," terangnya.

Sebelumnya, ia menjelaskan konsep aplikasi online tersebut akan sama seperti yang ada di Korea Selatan. "Menjadi platform seperti di Korea, Korea itu yang punya pemerintah," tutupnya.