Ibadah Shalat Sumber Utama Datangnya Rezeki

 
Ibadah Shalat Sumber Utama Datangnya Rezeki
Sumber Gambar: laduni.id

LADUNI.ID, Jakarta – Disadari atau tidak, Bulan Ramadhan telah menjadikan seorang muslim memiliki pribadi yang berkualitas yang berujung pada meningkatnya spirit pengabdian dan beribadah kepada Alloh SWT, mulai dari sholat, puasa, infaq, shodaqoh, membaca Al Qur’an dan lain lain.

Kita bersyukur telah dapat melaksanakan ibadah di bulan yang mulia, yaitu bulan Ramadhan. Semoga Allah SWT menerima segala amal kebaikan kita di dalamnya, baik berupa puasa, qiyamul lail, qiraatil qur’an, shadaqah dan amalan yang lainnya.
Apakah setelah berakhirnya Ramadhan, ibadah kita menjadi kendor. Jangan Berakhir Ramadhan, berakhir pula segala amalan kita. Salah satu bukti kita sukses melewati Ramadhan adalah dengan tetap istiqomah beribadah setelahnya. Setelah sebulan penuh kita bersungguh-sungguh dalam ibadah di bulan Ramadhan, kita ikuti dan kita jaga ibadah kita di bulan-bulan selanjutnya.

Banyak orang - orang yang totalitas dan sangat sibuk bahkan sampai kerja lembur, susah payah, banting tulang dan memeras keringat untuk mendapatkan rezeki yang berlimpah. Namun tanpa kita sadari ada hal yang kita lakukan setiap hari justru merupakan sumber utama datangnya rezeki dan kita lalai untuk totalitas dalam menjalankan.

Didalam Al-Qur'an Allah SWT berfirman:

وَأْمُرْ اَهْلَكَ بِالصَّلٰوةِ وَاصْطَبِرْ عَلَيْهَاۗ لَا نَسْـَٔلُكَ رِزْقًاۗ نَحْنُ نَرْزُقُكَۗ وَالْعَاقِبَةُ لِلتَّقْوٰى (١٣٢)

132. Dan perintahkanlah kepada keluargamu mendirikan shalat dan bersabarlah kamu dalam mengerjakannya. Kami tidak meminta rezki kepadamu, Kamilah yang memberi rezki kepadamu. Dan akibat (yang baik) itu adalah bagi orang yang bertakwa. (QS. TaHa 20 :132)

Maksud dari ayat ini adalah apabila kita mengerjakan sholat dan tekun serta khusyuk dalam menjalankannya, niscaya Allah akan memberi kita rezeki.

Didalam Hadis qudsi  Rasullah SAW bersabda:

يَقُولُ اللَّهُ تَعَالَى: يَا ابْنَ آدَمَ تَفَرَّغ لِعِبَادَتِي أمْلأ صَدْرَكَ غِنًى، وَأَسُدَّ فَقْرَكَ، وَإِنْ لَمْ تَفْعَلْ ملأتُ صَدْرَكَ شُغْلًا وَلَمْ أَسُدَّ فَقْرَكَ "

Allah SWT berfirman, "Hai anak Adam, tekunilah beribadah kepada­Ku, tentu Aku akan memenuhimu dengan kecukupan dan Aku akan menutup kefakiranmu.

Namun Jika kamu tidak tekun dalam beribadah, tentu Aku penuhi kamu dengan kesibukan dan Aku (Allah SWT) tidak akan menutupi kafakiranmu." (Hadis ini diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi dan Imam Ibnu Majah)

Didalam riwayat yang lain Rasullah SAW bersabda:

وَرُوِيَ أَيْضًا مِنْ حَدِيثِ شُعْبَةَ، عَنْ عُمَر بْنِ سُلَيْمَانَ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ أَبَانٍ، عَنِ أَبِيهِ، عَنْ زَيْدِ بْنِ ثَابِتٍ: سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ: " مَنْ كَانَتِ الدُّنْيَا هَمَّه فرَّق اللَّهُ عَلَيْهِ أَمْرَهُ، وَجَعَلَ فَقْرَهُ بَيْنَ عَيْنَيْهِ، وَلَمْ يَأْتِهِ مِنَ الدُّنْيَا إِلَّا مَا كُتِبَ لَهُ. وَمَنْ كَانَتِ الْآخِرَةُ نيَّته، جَمَعَ لَهُ أَمْرَهُ، وَجَعَلَ غِنَاهُ فِي قَلْبِهِ، وَأَتَتْهُ الدُّنْيَا وَهِيَ رَاغِمَةٌ "

Barang siapa yang dalam pikirannya hanya urusan dunia, maka Allah akan mencerai-beraikan urusannya dan menjadikannya faqir, dan dia hanya akan dapat apa yang telah ditakdirkan untuknya, Dan barang siapa yang perhatiannya tercurahkan kepada urusan akhirat, maka Allah akan memberinya kecukupan di dalam hatinya, serta dunia akan datang kepadanya dengan keadaan terpaksa. (Hadis ini diriwayatkan oleh Imam Ibnu Majah)

Kini kita telah mengetahui ternyata sholat yang kita lakukan setiap hari adalah sumber utama agar rezeki kita berlimpah. Dan oleh sebab itu mari kita rajin, tekun disiplin dan totalitas bahkan lembur untuk senantiasa mendirikan sholat baik yang wajib dan yang sunnah serta senantiasa bermunajat kepada Allah SWT. Mari kita isi seluruh hidup kita dengan ibadah kepada Allah SWT, berpindah dari satu Kebaikan kepada kebaikan yang lain. Kita bertaqwa kepada Allah SWT kapan pun dan di mana pun kita berada.

Semoga di bulan Syawal ini, kita bisa memulai menjaga semangat ibadah untuk 11 bulan pasca Ramadhan. Mari kita bermuhasabah meningkatkan amal solih semoga Allah SWT senantiasa memberikan kita Hidayah.

Sumber : Hadis Imam Ibnu Majah

___________
Catatan: Tulisan ini terbit pertama kali pada  Senin, 24 September  2018. Tim Redaksi mengunggah ulang dengan melakukan penyuntingan.

Editor : Sandipo