Memasyarakatkan Public Relations
LADUNI.ID, KOLOM-Komponen dasar humas yang berhubungan dengan fungsi humas seperti yang dikemukakan oleh Public Relations Society of America (PRSA), antara lain:
- Counseling, menyediakan saran untuk manajemen yang berhubungan dengan kebijakan hubungan dan komunikasi.
- Research, melihat tindakan dan perilaku public dalam rangka merencanakan strategi humas. Research dapat digunakan untuk membangun saling pengertian atau mempengaruhi dan meyakinkan publik.
- Media Relations, bekerjasama dengan media dalam melakukan publisitas.
- Publicity, menampilkan pesan terencana melalui media tertentu untuk menghasilkan ketertarikan yang lebih jauh lagi.
- Employee/member relations, memberikan respon terhadap suatu masalah, menginformasikan dan memotivasi karyawan dan anggota organisasi.
- Public affair, membangun keterlibatan efektif dalam kebijakan public
- Issues management, mengidentifikasi dan mengevaluasi isu yang berkembang pada public yang berakibat pada organisasi.
- Financial relations, menciptakan dan menjaga kepercayaan penanam modal.
- Industrial relations, menjalin hubungan dengan lembaga-lembaga lain yang berhubungan dengan aktifitas organisasi. Hal ini bisa diwujudkan dengan tergabung dalam asosiasi usaha yang berhubungan dengan jalur bisnis organisasi.
- Development/Fund Raising, menciptakan kebutuhan dan mendorong publik untuk mendukung organisasi, terutama melalui kontribusi financial.
- Multicultural Relations/Workplace Diversity, berhubungan dengan individu- individu dari berbagai kelompok dan budaya.
- Special Events, menarik perhatian publik terhadap organisasi atau produk dari organisasi dengan mengadakan kegiatan khusus.
- Marketing Communication, memadukan aktivitas pemasaran dengan mengadakan kegiatan khusus sekaligus membangun citra baik perusahaan.
Sedangkan Cutlip dan Center mengemukakan bahwa fungsi Public Relations meliputi hal-hal sebagai berikut :pertama, menunjang kegiatan manajemen dan mencapai tujuan organisasi. Kedua, menciptakan komunikasi dua arah secara timbal balik dengan menyebarkan informasi dari perusahaan kepada publik dan menyalurkan opini publik pada perusahaan.
Ketiga, melayani publik dan memberikan nasihat kepada pimpinan organisasi untuk kepentingan umum. Keempat, Membina hubungan secara harmonis antar organisasi dan publik , baik internal maupun eksternal.
Dapat dikatakan bahwa fungsi Public Relations adalah memelihara, mengembangtumbuhkan, mempertahankan adanya komunikasi timbal balik yang diperlukan dalam menangani, mengatasi masalah yang muncul atau meminimalkan munculnya masalah.
Public Relations bersama-sama mencari dan menemukan kepentingan organisasi yang mendasar dan menyampaikan kebijaksanaan manajemen pada publik dan juga menyampaikan opini publik pada manajemen juga kepada semua pihak yang terkait dalam menciptakan adanya saling pengertian yang didasarkan pada kenyataan, kebenaran dan pengetahuan yang jelas dan lengkap dan perlu diinformasikan secara jujur, jelas dan objektif.
***Helmi Abu Bakar El-Langkawi Penggiat Literasi Asal Dayah MUDI Masjid Raya Samalanga, Aceh
Referensi: Frida Kusumastuti, Dasar-dasar Humas,dan lainnya
Kunjungi Juga
- Pasarkan Produk Anda dengan Membuka Toko di Marketplace Laduni.ID
- Profil Pesantren Terlengkap
- Cari Info Sekolah Islam?
- Mau Berdonasi ke Lembaga Non Formal?
- Siap Berangkat Ziarah? Simak Kumpulan Info Lokasi Ziarah ini
- Mencari Profil Ulama Panutan Anda?
- Kumpulan Tuntunan Ibadah Terlengkap
- Simak Artikel Keagamaan dan Artikel Umum Lainnya
- Ingin Mempelajari Nahdlatul Ulama? Silakan
- Pahami Islam Nusantara
- Kisah-kisah Hikmah Terbaik
- Lebih Bersemangat dengan Membaca Artikel Motivasi
- Simak Konsultasi Psikologi dan Keluarga
- Simak Kabar Santri Goes to Papua
Memuat Komentar ...