Memasyarakatkan Public Relations

 
Memasyarakatkan Public Relations

LADUNI.ID, KOLOM-Komponen dasar humas yang berhubungan dengan fungsi humas seperti yang dikemukakan oleh Public Relations Society of America (PRSA), antara lain:

  1. Counseling, menyediakan  saran  untuk  manajemen  yang  berhubungan  dengan kebijakan hubungan dan komunikasi.
  2. Research, melihat tindakan dan perilaku public dalam rangka merencanakan strategi humas. Research  dapat  digunakan  untuk  membangun  saling  pengertian  atau mempengaruhi dan meyakinkan publik.
  3. Media Relations, bekerjasama dengan media dalam melakukan publisitas.
  4. Publicity, menampilkan pesan terencana melalui media tertentu untuk menghasilkan ketertarikan yang lebih jauh lagi.
  5. Employee/member relations, memberikan  respon  terhadap  suatu  masalah, menginformasikan dan memotivasi karyawan dan anggota organisasi.
  6. Public affair, membangun keterlibatan efektif dalam kebijakan public
  7. Issues management, mengidentifikasi dan mengevaluasi isu yang berkembang  pada public yang berakibat pada organisasi.
  8. Financial relations, menciptakan dan menjaga kepercayaan penanam modal.
  9. Industrial relations, menjalin  hubungan  dengan  lembaga-lembaga  lain  yang berhubungan dengan aktifitas organisasi.  Hal ini  bisa diwujudkan dengan tergabung dalam asosiasi usaha yang berhubungan dengan jalur bisnis organisasi.
  10. Development/Fund Raising, menciptakan kebutuhan dan mendorong publik  untuk mendukung organisasi, terutama melalui kontribusi financial.
  11. Multicultural  Relations/Workplace  Diversity, berhubungan  dengan  individu- individu dari berbagai kelompok dan budaya.
  12. Special  Events, menarik  perhatian  publik  terhadap  organisasi  atau  produk  dari organisasi  dengan mengadakan kegiatan khusus.
  13. Marketing  Communication, memadukan  aktivitas  pemasaran  dengan  mengadakan kegiatan khusus sekaligus membangun citra baik perusahaan.

Sedangkan Cutlip dan Center  mengemukakan bahwa fungsi Public Relations meliputi hal-hal sebagai berikut :pertama, menunjang kegiatan manajemen dan mencapai tujuan organisasi. Kedua, menciptakan komunikasi dua arah secara timbal balik dengan menyebarkan informasi dari perusahaan kepada publik dan menyalurkan opini publik pada perusahaan.

Ketiga, melayani publik dan memberikan nasihat kepada pimpinan organisasi untuk kepentingan umum. Keempat, Membina hubungan secara harmonis antar organisasi dan publik , baik internal maupun eksternal.

Dapat dikatakan bahwa fungsi  Public Relations adalah memelihara, mengembangtumbuhkan, mempertahankan adanya komunikasi timbal balik yang diperlukan dalam menangani, mengatasi masalah yang muncul atau meminimalkan munculnya masalah. 

Public Relations  bersama-sama mencari dan menemukan kepentingan organisasi yang mendasar dan menyampaikan kebijaksanaan manajemen pada publik dan juga menyampaikan opini publik pada manajemen juga  kepada semua pihak yang terkait dalam menciptakan adanya saling pengertian yang didasarkan pada kenyataan, kebenaran dan pengetahuan yang jelas dan lengkap dan perlu diinformasikan secara jujur, jelas dan objektif.

 

***Helmi Abu Bakar El-Langkawi Penggiat Literasi Asal Dayah MUDI Masjid Raya Samalanga, Aceh

 

Referensi: Frida Kusumastuti, Dasar-dasar Humas,dan lainnya