Tarbiyah dalam Kajian Cendekiawan Muslim

 
Tarbiyah dalam Kajian Cendekiawan Muslim

LADUNI.ID, KOLOM-  Dunia ini tidak terlepas dari pendidikan.  Selanjutnya, apabiila kita ini ingin mengetahui pengertian pendidikan Islam, maka kita akan melihat kepada kata Arab, karena ajaran Islam secara menyeluruh diturunkan dalam bentuk bahasa Arab.

Dalam bahasa Arab ada beberapa istilah yang biasa dipergunakan dalam pengertian pendidikan Islam. Istilah yang biasa dipergunakan itu adalah kata tarbiyah.  Kata ini sering digunakan oleh para ahli pendidikan Islam untuk menerjemahkan kata pendidikan dalam bahasa Indonesia .

Telah dsebutkan  dari sebuah karangan Muhammmad Athiyah al-Abrasyi yang berjudul al-Tarbiyah  al-Islamiyah misalnya, diterjemahakan ke dalam bahasa Indonesia oleh Prof. H. Bustami A.Ghani (pakar di bidang bahasa Arab dari Indonesia) dan Johar Bahri menjadi Dasar-dasar Pokok Pendidikan Islam. Demikian pula buku yang berjudul Min al-Ushul al-Tarbawiyah Fi-al-Islam, karangan Abdul Fattah Jalal, diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia menjadi Dasar-dasar Pendidikan Islam.( Abuddin Nata :2005:5 )

Selain kata tarbiyah terdapat pula kata ta’lim. Kata ini oleh para penerjemah sering diartikan pengajaran. Dalam pengertian ini Jusuf A. Faisal, pakar dalam bidang pendidikan mengatakan bahwa pengertian pendidikan Islam dari sudut etimologi (ilmu akar kata) sering digunakan istilah ta’lim dan tarbiyah  berasal dari kata allama dan rabba yang dipergunakan dalam Al-Qur’an sekalipun kata tarbiyah  lebih luas konotasinya.

Kata tersebut mengandung makna memelihara, membesarkan dan mendidik sekaligus mengandung makna mengajar (allama). Selanjutnya Faisal mengutip pendapat Naquib Al attas dalam bukunya yang berjudul Islam and Secularisme sebagaimana tersebut diatas terdapat pula kata ta’dib yang ada hubungannya dengan kata adab yang berarti sopan santun. (Abuddin Nata :2005:6)

Helmi Abu Bakar El-Langkawi

Penggiat Literasi dan Sosial Agama serta Dewan Guru Dayah MUDI Masjid Raya Samalanga, Bireun