Sasar Generasi Milenial, RMINU Jombang Canangkan Program Baru

 
Sasar Generasi Milenial, RMINU Jombang Canangkan Program Baru

LADUNI.ID, Jombang – Saat ini terdapat program baru yang akan dilaksanakan oleh RMINU Kabupaten Jombang, hal ini sebagaimana ditegaskan Ketua baru Pengurus Cabang Rabithah Ma'ahid Islamiyah Nahdlatul Ulama (PC RMI NU) Jombang Agus Jauharuddin Al-Fatih. Ia menyebutkan, program utama yang sedang dilakukan yaitu tertib administrasi dan beberapa program lainnya.

"Program kita ke depan, RMI Jombang akan melakukan kerja administrasi. Sayang belum ada lembaga yang bisa menjadi pesantren saat ini. Kita akan membantu mengurusi masalah administrasi untuk pesantren yang belum memiliki izin operasional," terangnya, pada Ahad (07/10) kemarin.

Selain itu, ia juga menambahkan bahwa, RMI Jombang juga mempersiapkan diri untuk berakselerasi dengan era milenial. Hal ini dimulai dengan digulirkannya narasi digitalisasi pesantren akhir-akhir ini.

"Seperti menggalakkan situs web, memanfaatkan jejaring media sosial untuk gerakan ayo mondok dan membuat video-video unik tentang pesantren. Dengan sangat banyak generasi milineal yang tertarik untuk mencari ilmu di pesantren," jelasnya.

Menurut Agus Jauharuddin, pihaknya akan mendata potensi dan tipikal pesantren yang ada di Jombang. Dan RMI akan bekerjasama dengan lintas sektor pemerintah maupun non pemerintah untuk mengembangkan potensi tersebut.

"Setelah data didapat, RMI melakukan pembinaan kepada pesantren sesuai potensinya masing-masing dengan menggandeng instansi terkait. Semantren pesantren yang berkarakter agribisnis, RMI akan menggandeng Dinas Pertanian dan pihak profesional untuk meningkatkan potensi," tuturnya.

Adapun program terdekat yang menjadi fokus RMI Jombang yaitu peringatan hari santri nasional pada 22 Oktober 2018 mendatang. Hal ini dikarenakan hari santri merupakan program nasional dari NU dan Indonesia.

"Sementara kita fokus hari santri dulu, sudah mepet dan butuh tenaga banyak. Kegiatannya juga sudah terjadwal rapi. Seperti seminar, pelatihan dan lomba-lomba," jelasnya. (Sumber: NU Online)