LFNU: Permulaan Shafar Jatuh pada Hari Ini

 
LFNU: Permulaan Shafar Jatuh pada Hari Ini

LADUNI.DI, Jakarta - Berdasarkan pada rukyah (penampakan bulan) yang dilaksanakan pada hari Selasa (9/10) kemarin, maka Komite Nahdlatul Ulama Falakiyah atau LFNU mengumumkan bahwa permulaan Shafar 1440 Hijriyah jatuh pada hari ini, Rabu (10/10).

Menurut HM Inwanuddin dan Faisol Amin yang mewakili tim LFNU dari cabang Gesik Nahdlatul Ulama (PCNU), dirinya dapat melihat bulan di Balai Rukyah Condrodipo, Gresik, Jawa Timur.

Pada saat rukyah, ketinggian hilal adalah 2 derajat 46 menit 20 detik. Ketinggiannya telah memenuhi kriteria yang disebut imkanur rukyah, yaitu dua derajat. Hilal terlihat pada pukul 5:25 sore, sementara matahari terbenam, Maghrib, terjadi pada pukul 5:23 sore

Pada waktu yang bersamaan, Ketua LFNU KH Ahmad Ghazalie Masroeri mengucapkan terima kasih kepada terutama Nahdliyin di Gresik karena dapat melihat bulan baru yang menandai awal Shafar.

Kegiatan ini diadakan pada tanggal 29 bulan Hijriah di bulan Muharram, LFNU berdasarkan hasil rukyat mengeluarkan pernyataan bahwa 1 Muharram 1440 Hijriyah jatuh pada hari Selasa (11/9).