Bulan Safar #15: Pengepungan di Khats’am

 
Bulan Safar #15: Pengepungan di Khats’am

LADUI.ID,HIKMAH-Bulan Safar terdapat suatu peristiwa yang tidak dapat dilupakan dalam sejarah yakni pengepungan di Khats’am. Peristiwan ini jatuh pada bulan Shafar tahun 9 H. Ibnu Mas’ud berkata, “Mereka menceritakan: “Rasulullah saw mengutus Qutbah bin Aamir dengan dua puluh orang ke distrik dari wilayah Khast’am pinggiran Tabbaalah.

Nabi memerintahkannya untuk mengepung tempat itu. Merekapun keluar dengan berbekal sepuluh onta. Mereka manawan seorang lelaki dan menginterogasinya. Tetapi bahasa orang itu tidak dapat dimengerti dan dia berteriak-teriak. Karena membahayakan merekapun memenggal lehernya.

Ketika penduduk al-Hadirah telah tertidur lelap, pengepunganpun dilakukan, sehingga terjadilah pertempuran yang sengit, banyak yang terluka dari kedua belah pihak. Qutbah bin Aamir memerangi siapa saja yang melawan.

Ternak, wanita dan apapun yang bisa dibawa digiring ke Madinah. Dikisahkan bahwa lawan berkumpul untuk menyusul dan mengikuti jejak mereka, tetapi Allah Swt mengirim banjir bandang yang mencegat mereka untuk bisa sampai kepada para sahabat dan apa yang mereka bawa. Kaum itu hanya bisa menatap hingga rombongan menghilang dari pandangan mereka, tidak dapat menyeberang” (Zaadul Maad).

Bani Udzrah adalah salah satu bani yang mempunyai garis keturunan sampai kepada Qushai salah satu kakek Rasulullah SAW. Pada waktu itu datang kepada Rasulullah utusan dari Udzrah pada bulan Safar, tahun kesembilan sebanyak 12 orang. Di antaranya Jumrah bin an-Nu’maan. Mereka menyatakan diri memeluk Islam. Rasulullah kemudian menceritakan kepada mereka akan datangnya kemenangan atas Syam dan diperanginya Hiraklius hingga akhir imperiumnya

 

***Helmi Abu Bakar El-Langkawi,Penggiat Literasi Asal Aceh