Untuk Ali Masykur Musa, Begini Dua Amanat Gus Dur

 
Untuk Ali Masykur Musa, Begini Dua Amanat Gus Dur

LADUNI.ID, Jakarta - Ali Masykur Musa, Ketua Umum Pimpinan Pusat Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama merupakan salah seorang yang kerap bertemu KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Dari berbagai pertemuan, Ali Masykur Seksi dua pesan.

"Hidup itu tidak ada arti tanpa manusia," tutur Ali di pembukaan pameran tunggal film Nabila Dewi Gayatri di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis (22/11) bertema Sang Maha Guru. 

Ali menjelaskan bahwa bagi Gus Dur, prinsip hidup bersama dengan manusia adalah tidak melihat latar belakang seseorang semisal agama, budaya, bahasa, dan negara. “Selama menjunjung tinggi nilai manusia, sesorang berarti mengamalkan baik,” katanya.

Selain itu, Ali juga menambahkan bahwa Gus Dur muka adalah, pertama, jangan pernah berhenti berjuang. Kedua, harus menjadi orang yang bermanfaat untuk orang lain.

Menurut Ali, pesan-pesan Gus Dur semacam itu sangat kontekstual untuk saat ini di saat orang-orang sering melakukan tindakan pragmatisme, hanya mengambil manfaat sesuai keinginannya.

Dalam pameran yang akan berlangsung sampai 30 November yang dibuka Ny Hj Sinta Nuriyah Abdurrahman Wahi, Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj, Ketua PBNU Marsudi Syuhud dan Robikin Emhas, Wakil Sekjen Andi Najmi Fuadi, Ketua Umum Pagar Nusa Nabil Harun, dan perwakilan cendekiawan lintas agama.