Pertamina dan UNS Ciptakan Baterai Penggerak Motor Listrik Hemat dan Murah 

 
Pertamina dan UNS Ciptakan Baterai Penggerak Motor Listrik Hemat dan Murah 

LADUNI.ID,Jakarta -  PT Pertamina (Persero) dan Universitas Sebelas Maret berhasil memproduksi baterai isi ulang yang inovatif bernama Lithium Ion Batery (LIB). Baterai LIB ini berguna untuk penggerak motor listrik yang hemat dan murah. 

Dengan beterai ini kendaraan bermotor listrik roda dua mampu menempuh jarak 80-100 kilometer hanya dengan biaya Rp 5000. Selain itu Baterai ini diciptakan sebagai gerakan move on ke energi terbarukan.

Sebagaimana dilansir dari Twitter @kementerianbumn, Selasa (18/12/2018), LIB mampu mengisi daya lebih cepat, bertahan lebih lama, dan memiliki kepadatan daya yang lebih tinggi dalam kemasan yang lebih ringan. Jenis baterai ini bisa digunakan pada peralatan elektronik konsumen, industri militer, kendaraan listrik, dan dirgantara.

Kerennya, satu unit battery pack nantinya akan memiliki kapasitas 3 kWh untuk motor listrik dengan kekuatan 5 kW atau lebih kurang setara dengan mesin motor dengan pembakaran internal berkapasitas 125-150 cc.

LIB produksi Pertamina – UNS ini adalah produk yang pertama karya anak bangsa. Dibuat pada skala demonstration plant yang siap untuk dikomersialisasikan di mana riset formula hingga scale-up dilakukan oleh anak bangsa.

Adapun baterai ini menjadi energi yang ramah lingkungan pengganti energi fosil untuk kendaraan bermotor. Ini juga sejalan dengan agenda pemerintah untuk menggunakan listrik sebagai pengganti kendaraan bermotor ICE pada tahun 2040.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN