Rektor UNS Minta 1.019 Wisudawan Jaga Tradisi Literasi di Era Globalisasi

 
Rektor UNS Minta 1.019 Wisudawan Jaga Tradisi Literasi di Era Globalisasi

LADUNI.ID,Surakarta - Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Prof Ravik Karsidi mengajak para wisudawan untuk tetap berpegang teguh pada rasionalitas dan daya nalar sebagai kaum intelektual. Salah satu caranya dengan menjaga tradisi literasi di tengah pergaulan global seperti saat ini.

Tidak sekedar mampu membaca dan menulis, Ravik mengatakan para mahasiswa juga harus menguasai literasi baru yang mencakup literasi data, literasi teknologi dan literasi SDM. Literasi data terkait dengan kemampuan membaca, menganalisis dan membuat konklusi berpikir berdasarkan data dan informasi (big data) yang diperoleh. Literasi teknologi terkait dengan kemampuan memahami cara kerja mesin. Bekerja berbasis teknologi dapat menciptakan hasil yang maksimal.

Ravik berpesan kepada para wisudawan untuk senantiasa membawa budaya kerja UNS dimanapun mereka bekerja. Budaya kerja yang dimaksud adalah ACTIVE yang meliputi Achievement Orientation, Costumer Satisfaction, Team Work, Integrity,Visionary dan Entrepreneurship.

“Pesan saya bawalah budaya kerja UNS yang disebut ACTIVE. Di manapun lahan pengabdian Anda utamakan orientasi berprestasi (Achievement Orientation)," kata Ravik sebagaimana dilansir dari laman resmi ITS 

Lebih lanjut Ravik berpesan agar para wisudawan di bidang apapun lakukan layanan yang terbaik (Costumer Satisfaction). Menurut Ravik dengan siapapun nanti bekerjasama lakukan dengan semangat Tim. Selain itu kata Ravik di lingkungan profesi nanti jangan lupa pertahankan sifat Integritas. 

"Hanya dengan integritas diri yang tinggi akan menjadikan diri dikagumi oleh lingkungan profesi Anda. Kemudian milikilah suatu visi yang jauh berkaitan dengan profesi Anda (visionary) dan yang terakhir milikilah jiwa kemandirian (entrepreneurship). Demikanlah seharusnya menjadi alumni UNS, selalu ACTIVE,” 

Upacara wisuda periode VI Tahun 2018 ini diikuti 141 wisudawan pasca sarjana yang terdiri atas 22 wisudawan Program Doktor, 119 wisudawan Program Magister, dan 13 wisudawan Program Pendidikan Dokter Spesialis. Kemudian ditambah, Program Sarjana sebanyak 771 wisudawan yang berasal dari 10 Fakultas. Lulusan Program Diploma IV sebanyak 16 wisudawan berasal dari Fakultas Kedokteran, dan 78 wisudawan dari Program Diploma III.

“Dari 1.019 wisudawan, terdapat 356 lulusan yang mendapat predikat cumlaude. Adapun rinciannya Program Doktor sebanyak 2 wisudawan, Program Magister sebanyak 34 wisudawan. Program sarjana sebanyak 307 wisudawan dan Program Diploma III sebanyak 13 wisudawan yang berasal dari 7 Fakultas,” kata Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Sutarno dalam laporannya.

Sejak berdirinya Universitas Sebelas Maret sampai dengan wisuda pada hari ini, jumlah lulusan Program Doktor, Magister, Dokter Spesialis, Profesi Insinyur, Profesi Akuntansi, Sarjana dan Diploma Universitas Sebelas Maret tercatat telah mencapai 177.925 alumni.