Peran Orangtua dalam Membentuk Karakter Anak Hadapi Era Milenial

 
Peran Orangtua dalam Membentuk Karakter Anak Hadapi Era Milenial

LADUNI.ID - Di era sekarang atau biasa di sebut sebagai era milenial, merupakan zaman serba teknologi yang mana orang lebih memilih melakukan sesuatu secara instan. Menggunakan teknologi yang canggih dapat mempercepat suatu proses pekerjakan. Dari pesatnya perkembangan teknologi yang semakin canggih ini tentunya membawa dampak negatif dan positif bagi kehidupan. Terutama bagi kalangan anak-anak dan remaja.

Pada masa anak-anak ataupun remaja cendrung mengikuti apa yang dilakukan orang lain. Biasanya mereka lebih suka menghabiskan waktu untuk nongkrong mencari tempat-tempat yang sekiranya dapat menghibur, sehingga pergaul bebas, kriminal, tauran, kekerasan, mengkonsumsi obat-obatan terlarang kerap terjadi di zaman sekarang ini.  

Dari fenomena di atas sangat miris sekali bahwa tingkah laku anak zaman sekarang lebih mengarah pada perbuatan yang tidak baik. Kurangnya pengawasan, bimbingan, dan perhatian dari orang tua sangat berpengaruh sekali terhadap perilaku anak, karna anak akan leluasa berprilaku orang baik atau buruk. Bimbingan  dan pelajaran pendidikan di sekolah tidaklah cukup untuk membentuk karakter anak kearah yang lebih baik. Dengan demikian, sangat diperlukan peran orang tua dimulai dari sejak kecil untuk bisa membentuk karakter yang baik dan positif.

Pendidikan yang harus diutamakan oleh orang tua adalah mengajarkan anak tentang ilmu agama, tentang akhlak-akhlak yang baik, adab beretika serta sopan santun. Karena hal inilah yang harus pertama kali diutamakan dalam pembentukan diri anak untuk dapat merubah kebiasaan-kebiasaan buruk yang sering dilakukan oleh anak.
Di era yang serba digital ini, kita juga dituntun untuk mrngikuti zaman agar tidak ketingalan dari kecanggiahn-kecanggihan yang ada yaitu dengan memanfatkan teknologi secara bijak, memanfaatkannya untuk menciptakan perubahan ke arah yang positif, serta memberikan informasi-informasi yang bermanfaat bagi banyak orang. Orang tua sebagai lingkungan pendidikan pertama kali dalam mendidik anak harus bisa menjalin kerja sama dengan lingkungan sekolah. Karena, dukungan orang tua dapat memberi penguatan mental dan kasih sayang kepada anak dalam menempuh pendidikan di sekolah. Peran keluarga juga penting untuk memfiltrasi pengaruh buruk yang dihadapi oleh anak ketika berada di luar rumah. Tugas mendidik anak yang diemban para orang tua tidak hanya terbatas pada pemenuhan hak-hak dasar anak namun juga mencakup perencanaan pendidikan anak dalam jangka waktu panjang. Sebagai perencana pendidikan anak, orang tua hendaknya mempersiapkan dana pendikan anak sebagai modal awal untuk investasi ilmu anak-anak di masa depan. Dana pendidikan bisa dipersiapkan dengan cara menabung atau mengikuti program asuransi pendidikan anak secara berjangka. 

Banyak dizaman sekarang ini orang tua hanya menganggap bahwa memberikan kebutuhan anak secara materi terasa cukup untuk perkembangan anak dan merasa bahwa pendidikan di sekolah terasa sudah cukup untu untuk mrngarahkan kearah yang lebih baik. Sebagai orang tua senantiasa dapat mengarahkan anak-anaknya kearah yang lebih baik agar tercipta generasi penerus yang baik pula dan diberi kemudahan dalam mendidik. Maka dari itu peran orang tua sangatlah diperlukan karena sebagai alat kontrol terhadap prilaku anak dalam bertindak.

Oleh: Nur Jannah
Mahasiswi IAIN Pontianak